Blackmores ajak calon ibu beri ASI berkualitas untuk cegah stunting

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, menyusui

Blackmores ajak calon ibu beri ASI berkualitas untuk cegah stunting

Blackmores gelar kampanye "Peduli ASI Berkualitas" di Jakarta, Rabu (6/3/2024) (ANTARA/H.O Blackmores)

Jakarta (ANTARA) - Suplemen kesehatan Blackmores mengajak calon ibu memiliki pemahaman dan mengupayakan pemenuhan nutrisi mikro sejak masa kehamilan hingga periode menyusui agar memberikan ASI berkualitas dan membantu mencegah kondisi stunting dengan kampanye "Peduli ASI Berkualitas".

"Kampanye ini merupakan bentuk komitmen Blackmores yang mendukung program pemerintah dalam menurunkan stunting. Kami berharap kampanye ini dapat berlangsung berkelanjutan dan dapat membantu penurunan angka stunting di Indonesia," ucap Country Head/Director, Kalbe Blackmores Nutrition, Dickson Susanto dalam konferensi pers kampanye "Peduli ASI Berkualitas" bersama Blackmores di Jakarta, Rabu.

Kampanye “Peduli ASI Berkualitas” juga memberikan edukasi mengenai manfaat penting Omega 3, asam folat, kalsium, zat besi dan nutrisi mikro lainnya yang penting untuk meningkatkan kualitas ASI.

Kampanye ini juga mengingatkan para ibu untuk memperhatikan kualitas ASI dan tidak hanya berfokus pada meningkatkan kuantitas ASI.

Senior Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition, Virna Widiastuty menjelaskan, asupan nutrisi makro dan nutrisi mikro penting untuk menjaga kualitas ASI, karena mengandung banyak energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Ibu yang bisa menghasilkan ASI berkualitas dapat membantu mencegah stunting, dengan ciri – ciri berat badan bayi naik dengan stabil, ASI sudah cukup memenuhi kebutuhan bayi, dan pencernaan bayi lancar.

"Kualitas ASI yang baik tidak hanya dilihat dari bentuk, aroma, dan rasanya saja, tetapi juga bisa dilihat dari tumbuh kembang dan pola menyusu bayi. Inisiasi menyusui dini dan ASI eksklusif juga dapat membantu hingga 1,9 kali mencegah stunting juga mencegah kematian bayi dan anak balita," kata Virna.

Beberapa nutrisi mikro yang diperlukan oleh para ibu terutama calon ibu, ibu hamil dan ibu menyusui terdiri dari 17 nutrisi mikro yang membantu pertumbuhan janin sejak dalam kandungan hingga selesai periode menyusui. Omega 3 / DHA, asam folat, kalsium, zat besi merupakan sebagian dari beberapa nutrisi mikro tersebut untuk pertumbuhan saraf dan kecerdasan.

Kebutuhan nutrisi mikro ini juga dapat dilakukan dengan menambahkan konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang mengandung 17 nutrisi esensial dan Omega3.

Blackmores juga memberikan suplemen

kepada ibu hamil di tri semester akhir hingga ibu menyusui yang akan diberikan sepanjang tahun 2024 secara nasional khususnya di daerah yang memiliki prevalensi stunting tinggi.