Kanwil Kemenkumham Riau gelar pra rekonsiliasi pemutakhiran data laporan keuangan

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terbaru, Kemenkumham

Kanwil Kemenkumham Riau gelar pra rekonsiliasi pemutakhiran data laporan keuangan

Kanwil Kemenkumham Riau gelar pra rekonsiliasi pemutakhiran data laporan keuangan dan BMN (ANTARA/HO-Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Dalam upaya untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau menggelar acara Pra Rekonsiliasi Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN). Acara yang mengangkat tema "Bersama Kita Wujudkan Laporan Keuangan Berkualitas Menuju WTP 15", Selasa (16/1) yang dibuka Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk bersama-sama mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih Kementerian Hukum dan HAM dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurutnya, kerja keras dan partisipasi dari setiap UPT akan menjadi kunci terwujudnya laporan keuangan Kementerian yang akurat dan akuntabel. Ia berharap prestasi yang akan diraih dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Permasalahan dan kendala-kendala dalam Penyusunan Laporan Keuangan harus dipahami betul dan diketahui oleh Para Kepala Satuan Kerja, PPK, PPSPM, Pejabat Pengadaan dan para Operator Penyusunan Laporan Keuangan sehingga dapat menghasilkan Laporan Keuangan yang akuntabel dan tepat waktu,” sebutnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Johan Manurung, Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Edison Manik, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Riau, dan pejabat dan operator pengelola keuangan dari UPT se-Riau.

Pada kesempatan ini Kakanwil memberikan Penghargaan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Riau Semester II Tahun Anggaran 2023. Penghargaan ini dibagi menjadi tiga kategori.

Dalam Kategori Capaian Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Tahun Anggaran 2023, LAPAS Kelas IIA Tembilahan meraih juara pertama dengan capaian nilai 99.99, disusul Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru sebagai juara kedua dengan capaian nilai 99.98, dan Kanim Kelas I TPI Dumai sebagai juara ketiga dengan capaian nilai 99.94. Pengelola keuangan pada ketiga satuan kerja tersebut diapresiasi dan diberikan hadiah berupa handphone oleh Kakanwil.

Sementara itu, penghargaan Kategori Penetapan Status Pengguna BMN Terbaik Tahun Anggaran 2023 diraih oleh LAPAS Kelas IIA Pekanbaru dengan persentase 98.18%, LAPAS Kelas IIB Teluk Kuantan dengan persentase 98.13%, dan Rupbasan Kelas II Bengkalis dengan persentase 98.06%.

Tidak ketinggalan, penghargaan Kategori Pengiriman Usulan Tunjangan Kinerja Tercepat Tahun Anggaran 2023 diberikan kepada LAPAS Kelas IIA Bengkalis dan Rupbasan Kelas II Bengkalis.

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam mendorong semangat dan dedikasi seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM di wilayah Riau untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat

"Mari kita bekerja dengan serius dan maksimal mulai hari ini. Pekerjaan hari ini, selesaikan juga hari ini. Jangan di tunda tunda hingga batas waktu. Selalu koordinasi dengan Kantor Wilayah, terutama ketika menemui kendala. Kita adalah satu bagian, satu tubuh, bukan bagian terpisah," pesan Budi Argap.

Sebagai cambuk penyemangat, Kakanwil juga menyerahkan tiga unit smartphone menggunakan dana pribadinya kepada tiga orang operator satuan kerja yang mendapatkan penghargaan Kategori Capaian Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Terbaik Tahun Anggaran 2023.