Legislator Siak Minta Bupati Wujudkan Pinjaman Tanpa Agunan

id legislator siak, minta bupati, wujudkan pinjaman, tanpa agunan

Legislator Siak Minta Bupati Wujudkan Pinjaman Tanpa Agunan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Legislator Kabupaten Siak, Riau, meminta agar bupati segera mewujudkan janji tentang pinjaman tanpa agunan kepada warga setempat untuk keperluan usaha.

"Dalam kunjungan ke daerah kami sering ditanya soal pinjaman tersebut dan warga minta agar direalisasikan," kata Ketua DPRD Kabupaten Siak Zulfi Mursal di Pekanbaru.

Pernyataan itu terkait dalam kampanye Bupati Syamsuar yang berpasangan dengan Alfredri pada Pilkada Siak diantaranya mengusung tema bila terpilih merealisasikan pinjaman tanpa agunan.

Pinjaman itu sangat dibutuhkan warga demi meningkatkan taraf hidup bagi petani, pedagang maupun pelaku usaha kecil yang kesulitan modal.

Dia mengatakan merasa lelah untuk menjawab pertanyaan warga tersebut karena hingga kini belum juga ada realisasinya.

Masalah pinjaman tanpa jaminan itu merupakan dambaan bagi warga yang ingin berusaha tapi tidak mempunyai agunan ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Menurut dia, bahwa ada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang menyiapkan permodalan atau sejenis Usaha Ekonomi Desa (UED) tapi warga harus memiliki jaminan.

Dia menambahkan masalah memberikan pinjaman itu telah memasuki ranah eksekutif dan pemerintah daerah yang dapat mengucurkan.

Sementara itu, anggota DPRD Siak, Sunardi mengatakan belakangan ini warga sering meminjam uang ke rentenir karena tidak mempunyai jaminan, mereka akhirnya terbelit hutang tanpa henti untuk melunasi.

Bahkan banyak warga berusaha dengan berjualan kemudian bangkrut karena tidak mampu mengembalikan pinjaman kepada rentenir.

Belakangan ini sering muncul pihak tertentu yang berupaya meminjamkan uang dengan mengaku badan hukum koperasi, tapi angsuran pembayaran dengan bunga tinggi.