Peringati Hari Pohon Nasional, PNM Pekanbaru tanam 4000 bakau di Siak

id Pt pnm, pnm riau

Peringati Hari Pohon Nasional, PNM Pekanbaru tanam 4000 bakau di Siak

Kolase foto. Kegiatan penanaman pohon bakau oleh PT PNM di Kabupaten Siak. (ANTARA/HO-PT PNM)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pekanbaru bersama Pemerintah Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, melaksanakan penanaman 4.000 bibit bakau batang di Kampung Selat Guntung.

Kegiatan tersebut dilakukan PNM Cabang Pekanbaru, sekaligus untuk memperingati Hari Menanam Pohon Nasional pada 28 November 2023.

Pimpinan Cabang PT PNM Suhardjo dalam kesempatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti kepedulian perusahaan terhadap lingkungan serta kerja sama antara Pemerintah Desa, BRI dan Sends sebagai penggiat lingkungan dengan PT PNM di Selat Guntung.

PT PNM sebagai salah satu BUMN, di samping memberikan penyaluran pembiayaan kepada pelaku UMKM, juga mempunyai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat sekitar.

“Kami dari PT PNM bisa membantu mengembangkan lingkungan yang bermanfaat, melalui penanaman pohon mangrove untuk meningkatkan penghijauan di tepi pantai yang berguna untuk mencegah abrasi laut,” katanya.

Kegiatan ini, lanjut Suhardjo, merupakan komitmen PNM untuk terus melestarikan lingkungan dan memberdayakan masyarakat dengan program tanggung jawab sosial.

Pada kesempatan ini PNM melakukan Penanaman 4000 pohon bakau untuk penghijauan dan mengurangi abrasi sebagai salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan oleh PNM melalui divisi JMT.

”Saya berharap melalui kegiatan tersebut PNM bisa bersinergi dengan pemerintah dan BUMN lainnya dalam mengembangkan potensi wilayah dengan mengelola lingkungan, disamping meminimalisir abrasi pantai juga dapat meningkatkan biota laut yang dapat dimanfaatkan oleh para nelayan seperti udang, kepiting dan lain-lain,” ungkapnya.

Selain penanaman bakau, PT PNM juga memberikan permodalan dan pembinaan pada pelaku UMKM serta bersama BRI berkolaborasi memberikan bantuan 150 paket sembako dan pengobatan bagi masyarakat Selat Guntung.

Ke depannya, PT PNM akan membuat kegiatan ekonomi untuk masyarakat nelayan di Kampung Selat Guntung seperti pelatihan kewirausahaan, klasterisasi dan lainnya, tambah Suhardjo.

Kepala Kampung Selat Guntung Junardi mengapresiasi kepada PT PNM dan BRIyang telah berkontribusi dalam mengembangkan potensi wilayah dengan mengelola lingkungan serta memberikan bantuan Pemdes Selat Guntung.

”Ini menunjukkan kepeduliannya dan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Kampung Selat Guntung,” ungkapnya.

Diharapkan, dengan mewujudkan lingkungan yang lebih bersih akibat penyerapan polusi udaramangrove guna mencapai target emisi nol pada tahun 2060 serta untuk menjawab isu dekarbonasi.

Sementara itu, Koordinator Pegiat Lingkungan Sends, Eko mengatakan kegiatan penanaman bakau ini adalah ikhtiar dalam penguatan biodiversitasyang ada di kawasan Kampung Selat Guntung, dan ini merupakan kolaborasi yang baik dalam menghijaukan lingkungan kawasan pesisir.

“Ketika nanti kawasan penanaman pohon ini sudah tumbuh dengan mangrove yang besar tentunya akan menjadi potensi ekonomi baru,” ucapnya.