Buku tentang budaya Dayak diulas di Festival Literasi

id budaya dayak,festival literasi dan sosiologi,budaya kalimantan

Buku tentang budaya Dayak diulas di Festival Literasi

Festival Literasi dan Sosiologi 2023 dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, dari 6 sampai 11 November 2023. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Akademisi, pemerhati budaya, dan para mahasiswa mengulas buku tentang budaya Suku Dayak Ngaju dalam Festival Literasi dan Sosiologi 2023 yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya pada 6-11 November 2023.

"Dalam kegiatan ini, kita bersama-sama melakukan resensi atau mengulas tentang buku berkaitan budaya Suku Dayak Ngajupada masa lampau," kata Kepala Bidang DepositDinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan TengahRoby di Palangka Raya, Sabtu.

Dosen Sosiologi dariUniversitas Palangka Raya Sidik R Usopdan pemerhati sosial budaya Donny Laseduw bersama para mahasiswa antara lain membahas budaya Suku Dayak Ngajudalam berburu dan mengayau.

Robymenyampaikan bahwa kegiatan resensi buku mengenai budaya Dayak merupakan bagian dari upayaperpustakaan daerah untuk memperkuat peran sebagaiwahana informasi dan mendukung pelestarian budaya daerah.

"Melalui kegiatan ini, bersama-sama kita jaga agar generasi penerus ke depan tetap mampu menjaga dan memahami apa saja budaya dari para leluhur dari masa ke masa," katanya.

Dia juga berharap kegiatan tersebut dapat mendorong para penulis untuk menghadirkan buku-buku tentang budaya daerah di Kalimantan Tengah.

Festival Literasi dan Sosiologi 2023 meliputi kegiatan bazar buku dan produk UMKM, kuliah umum, resensi buku, dan aneka lomba.