Menteri luar negeri negara-negara Arab dan Amerika Serikat akan bahas perang di Gaza

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Gaza

Menteri luar negeri negara-negara Arab dan Amerika Serikat akan bahas perang di Gaza

Seorang wanita menggendong seorang gadis bereaksi setelah serangan udara Israel menghantam lingkungan Ridwan di Kota Gaza, Gaza pada 23 Oktober 2023. (ANTARA/Ali Jadallah / Anadolu/pri.)

Ankara (ANTARA) - Yordania pada Jumat mengumumkan bahwa menteri luar negerinya dan menlu lainnya dari Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, Arab Saudi dan Mesir akan mengadakan pertemuan gabungan dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Antony Blinken di Amman pada Sabtu guna mendiskusikan perkembangan terbaru di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, Juru Bicara Menlu Yordania Sufyan Qudah mengatakan: "Wakil Perdana Menteri serta Menteri Luar Negeri dan Urusan Ekspatriat Ayman Al-Safadi, serta menteri luar negeri dari UEA, Kerajaan Arab Saudi, Qatar dan Republik Arab Mesir, serta Sekretaris Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina akan menggelar pertemuan koordinasi besok, Sabtu."

"Pertemuan itu dalam konteks upaya mereka untuk menghentikan perang Israel di Gaza dan bencana kemanusiaan yang ditimbulkannya," kata Qudah lebih lanjut.

Para menteri tersebut selanjutnya akan menggelar pertemuan gabungan dengan Antony Blinken untuk menegaskan posisi Arab dan menyerukan gencatan senjata segera serta pengiriman bantuan kemanusiaan segera ke Jalur Gaza, tambah juru bicara itu.

Ia menekankan bahwa para pejabat tersebut akan "mendiskusikan cara mengakhiri keterpurukan yang berbahaya yang mengancam keamanan kawasan secara keseluruhan."

Tentara Israel telah memperluas serangan udara dan darat di Jalur Gaza, yang telah didera serangan udara tanpa henti sejak Hamas melakukan serangan mengejutkan pada 7 Oktober.

Hampir 10.800 orang telah tewas dalam konflik tersebut, termasuk sedikitnya 9.240 warga Palestina dan lebih dari 1.538 warga Israel.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi sebut cegah bencana kemanusiaan di Palestina prioritas mendesak

Baca juga: Menlu RI Retno Marsudi tegaskan senjata nuklir harus dimusnahkan total


Sumber: Anadolu