Bupati Rezita terima penghargaan dari Kementerian Desa PDTT

id Indragiri Hulu,Rengat

Bupati Rezita terima penghargaan dari Kementerian Desa PDTT

Bupati Inhu usai menrima penghargaan dari Kementerian Desa PDTT. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri HuluRezita Meylani Yopi menerima penghargaan nasional karena telah berhasil membangun dan menuju status "Desa Mandiri" pada 2023.

Penghargaan itu diberikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia di Pekanbaru.

"Alhamdulillah, prestasi yang di Riau itu sangat membanggakan dan berdampak positif bagi Inhu ke depan," kata Kepala Dinas Kominfo Inhu Arief Fadilah di Rengat, Jumat.

Penghargaan dan lencana "Bakti Desa Pertama" dari Kementerian Desa PDTT RI diserahkan oleh Sekretaris Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT RI Rachmatia Handayani.

Penyerahan itu pada saat rapat kerja penyelenggaraan Pemerintah Desa se-Provinsi Riau Tahun 2023 di Pekanbaru, Kamis (2/11).

"Prestasi itu sangat memotivasi, dan akan di pertahankan dan jalan menuju Inhu lebih sukses lagi," ujarnya.

Penghargaan diberikan kaena dinilai berprestasi, seluruh desa di Inhu mencapai status berkembang, maju, dan mandiri," ujarnya.

Sementara lencana Bhakti Desa Pertama yang diterima juga atas dasar tingginya komitmen dan kerja keras Pemerintah Daerah Indragiri Hulu dalam membangun sejumlah pada 2023.

Indragiri Hulu menerima penghargaan, diserahkan langsung pada waktu rapat kerja yang dihadiri Gubernur/Wakil Gubernur Riau.

Acara itu juga dihadiri Forkopimda dan seluruh bupati/walikota, Instansi vertikal, Kadis PMD Kab/Kota se-Provinsi Riau serta Kepala Desa se-Provinsi Riau.

Selain itu, ada tiga desa di Indragiri Hulu juga menerima penghargaan dan lencana dalam lomba status perkembangan kemajuan dan kemandirian Desa Provinsi Riau, yakni Kategori Desa Mandiri utuk Desa Talang Jerinjing, Rengat Barat dengan peringkat juara I.

Lomba Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Kategori Desa yang diperoleh Desa Sersam, Seberida dengan peringkat juara kedua.

Selanjutnya, Lomba Desa Kategori Desa Berkembang diperoleh Desa Aur Cina, Batang Cinaku dengan peringkat juara ketiga.