Timnas basket muda Indonesia akhiri lawatan ke China dengan hadapi Filipina

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, basket

Timnas basket muda Indonesia akhiri lawatan ke China dengan hadapi Filipina

Timnas Bola Basket Indonesia yang berisi pemain muda atau Indonesia Elite bersiap menghadapi Filipina di laga terakhir kompetisi Zheng Cheng Gong Cup di China. (ANTARA/HO-Perbasi.)

Jakarta (ANTARA) - Timnas bola basket yang berisi pemain muda atau Indonesia Elite akan mengakhiri lawatan ke China dalam kompetisi Zheng Cheng Gong Cup dengan melawan Filipina untuk memperebutkan peringkat lima dan enam.

Asisten Pelatih Indonesia Elite Andrie Ekayana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, menjelaskan tim Indonesia Elite sudah disiapkan untuk menghadapi pertandingan melawan Filipina dengan bermain lebih tenang.

“Persiapan melawan Filipina lebih ke persiapan mental karena kita melawan tim yang diperkuat dua pemain impor dengan size besar,” kata Yayan, sapaan karib Andrie Ekayana.

Lanjut Yayan, salah satu pemain andalan Filipina adalah Marakinyo William yang pernah mencicipi kompetisi IBL Indonesia dengan status pemain impor Pacific Caesar tahun lalu.

Melawan Filipina, Yayan meminta para pemain untuk bisa melawan rasa gugup. Dan dengan bermain lebih tenang, kata dia, pemain diharapkan bisa mengeluarkan permainan terbaik.

“Harus bisa melawan rasa nervous saat melawan tim dengan pemain yang pengalaman. Pertandingan melawan Filipina ini penting untuk mengasah mental bertanding anak-anak,” ujarnya.

Yayan mengatakan, para pemain sudah bisa bermain sebagai tim dengan baik saat melawan Singapura pada pertandingan sehari sebelumnya. Mereka sukses mengalahkan Singapura dengan skor 60-41.

Kemenangan ini mengantarkan Indonesia Elite menantang Filipina untuk perebutkan peringkat lima atau enam. “Saat melawan Singapura, bagus mainnya anak-anak. Mereka bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan di tiga gim sebelumnya. Meski kesalahan masih ada, tapi sudah jauh berkurang, energi di lapangan juga jauh lebih baik,” terang Yayan.