Herman Buchari terpilih aklamasi jadi Ketua INSA Dumai

id INSA Dumai

Herman Buchari terpilih aklamasi jadi Ketua INSA Dumai

Ketua INSA Dumai Herman Buchari menyerahkan cinderamata kepada Ketua DPP INSA Pusat Capt Zainal Arifin Hasibuan, Kamis. (ANTARA/

Dumai (ANTARA) - Rapat Anggota Cabang (RAC) Indonesia National Shipowners Association atau INSAX Kota Dumai memilih kembali Herman Buchari sebagai ketua baru periode 2023 - 2027 secara aklamasi, Kamis.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) INSA Kota Dumai menggelar rapat anggota cabang ke-10 Tahun 2023 dengan agenda utama pembentukan kepengurusan baru, dibuka oleh Walikota DumaiPaisaldan dihadiri Ketua DPP INSA Pusat Capt Zainal Arifin Hasibuan.

Ketua INSA Dumai terpilih Herman Buchari menyebut kepengurusan Periode 2019 - 2023 resmi berakhir dan akan dilanjutkan dengan pengurus baru yang resmi dipilih lagi oleh seluruh anggota dalam RAC X Tahun 2023.

"Terimakasih atas dukungan dan amanah diberikan kepada saya. Selanjutnya kita akan menggesa penyusunan program kerja untuk empat tahun ke depan," kata Herman kepada wartawandi salah satu hotel di Dumai.

Dijelaskan Herman, amanah dalam RAC tahun ini merupakan kepemimpinan ke 3 setelah dua periode sebelumnya menjabat ketua, di perkumpulan perusahaan keagenan kapal ini, yaitu Periode 2015 - 2019 dan 2019 - 2023.

Dia menyampaikan apresiasi tinggi dan rasa bersyukur kepada seluruh anggota INSA Dumai yang masih mempercayai dirinya mengemban amanah sebagai ketua.

"Semoga INSA Dumai semakin solid dan bermanfaat bagi anggota dan masyarakat umum," sebut Ketua INSAdua periode ini lagi.

Saat pembukaan RAC, Ketua DPP INSA Pusat Capt Zainal Arifin Hasibuan mendorong DPC INSA Dumai agar meningkatkan daya saing dan turut serta memajukan industri pelayaran dan kepelabuhanan sebagai penopang industri utama pabrik pabrik yang beroperasi di sepanjang pantai Dumai.

"Kita beruntung memiliki laut yang bisa dilayari dan menjadi pemersatu pulau pulau. Kapal akan tetap ada mengikuti perniagaan dan menjadi penopang industri utama di areal kepelabuhanan. Kami mendorong untuk terus berkarya dan memajukan industri, bukan saja sebagai sumber daya alam, juga sumber daya manusia," kata Zainal Arifin.

Sementara, Wali Kota Dumai Paisal mengatakan bahwa sektor kepelabuhanan memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspor minyak mentah kelapa sawit.

Pemerintah, lanjut Paisal, akan terus berupaya meningkatkan layanan kepelabuhanan melalui sinergi dengan pihak terkait. Termasuk juga akan berupaya memangkas waktu tunggu di pelabuhan Dumai serta layanan pengurusan perizinan.

"Kita sadari sejak INSA lahir telah banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan perhubungan laut, dan diharap ke depan INSA Dumai terus meningkatkan program dan sikap serta pola secara profesional dan kualitas sumber daya manusia," demikian Walikota Dumai Paisal.