Indonesia berhasil rebut medali emas perahu naga 1000m putra Asian Games

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, medali,Asian games

Indonesia berhasil rebut medali emas perahu naga 1000m putra Asian Games

Foto udara Wenzhou Dragon Boat Centre, salah satu venue Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 di Wenzhou, Provinsi Zhejiang, China timur, Senin (21/3/2022). Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 rencananya digelar pada 10-25 September 2022. (ANTARA FOTO/Xinhua/rwa.)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia merebut medali emas perahu naga nomor 1000m putra Asian Games Hangzhou yang berlangsung di Wenzhou Dragon Boat Centre, Jumat.

Maizir Riyondra dan kawan-kawan menyelesaikan lomba jarak panjang tersebut dengan catatan 4:31,135.

Selepas start hingga melintasi titik 250m, Indonesia sempat tertinggal di peringkat lima sebelum mengerahkan seluruh tenaga mereka merangsek ke posisi kedua membuntuti China yang memimpin separuh jalan.

Pada 500m terakhir, Indonesia perlahan tapi pasti mengejar tim tuan rumah yang memimpin lomba sejak start hingga kayuhan-kayuhan terakhir para pedayung Indonesia membawa perahu naga beradu cepat dan melintasi finis 0,047 detik lebih awal dari China.

Tim tuan rumah harus mengakui kekalahan mereka dengan margin sangat tipis untuk berpuas diri dengan medali perak, sedangkan Myanmar berhak atas perunggu di peringkat ketiga.

Medali emas itu menjadi yang pertama bagi tim Indonesia di cabang perahu naga Asian Games Hangzhou setelah sebelumnya pada Rabu (4/10), Indonesia mengamankan satu medali perak perahu naga nomor 200m putri dan satu perunggu nomor 200m putra.

Kemudian pada Kamis Indonesia membawa pulang dua medali perak dari nomor 500m putra dan putri.

Baca juga: Presiden Jokowi dayung perahu naga di bendungan Ladongi, Sulawesi tenggara

Baca juga: Tim PON perahu naga Sultra tantang Riau