Pemprov Riau matangkan persiapan jadi tuan rumah Pekan Olahraga Sumatera 2023

id Pemprov Riau

Pemprov Riau matangkan persiapan jadi  tuan rumah Pekan Olahraga Sumatera 2023

Gubernur Riau Syamsuar mendorong seluruh masyarakat ikut menyukseskan Pekan Olahraga Sumatera bakal digelar pada 4-14 November 2023 di Riau. Antara/Frislidia.

pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mematangkan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Sumatera yang akan berlangsung pada 4-14 November setelah ditunjuk KONIPusat.

"Manfaatkan kegiatan ini semoga masyarakat Riau sukses menyelenggarakan pertandingan olahraga bergengsi nasional, apalagi Riau sudah dua kali berturut-turut tampil sebagai juara pada ajang ini," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Selasa.

Gubernur Riau Syamsuar juga berharap agar pengurus, pelatih, dan atlet bisa mempertahankan prestasi sebagai juara dan KONI Riau harus bisa mengikutkan atlet dalam semua cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Ia mengatakan kepercayaan yang diberikan KONI Pusat kepada Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Sumatera adalah implementasi dari gerakan semangat olahraga di kalangan masyarakat dan perlu dukungan seluruh komponen masyarakat, swasta, dan seluruh pihak yang peduli terhadap olahraga.

"Terima kasih apresiasi para pengurus cabangolahraga dan sekolah yang sekarang menggerakkan semangat olahraga. Bahkan kami juga sedang menyiapkan sekolah khusus olahraga sesuai Keputusan Menporadan Riau sedang menyiapkan atlet mengikuti PON 2024 di Sumatera Utara dan Aceh," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rahmat mengatakan Riau akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dilombakan yakni renang, catur, sepak takraw, sepak bola, wushu, barongsai, bola voli, e-sport, dan bola tangan.

Bobyjuga mengingatkan agar Pengurus Besar Porwil yang sudah terbentuk harus menyiapkan arena, tenaga pendamping atlet, dan hal lain sesuai kebutuhan.

"Sebagai tuan rumah Riau akan sibuk melayani tamu dari delapan provinsi di Sumatera. Kita sudah bentuk PB Porwil dan nanti ada bidang dan koordinator. Kegiatan bergengsi nasional diyakini sekaligus bisa berdampak ganda dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar tempat kegiatan yang dipusatkan di Kampar dan Pekanbaru itu," katanya.

Pada kegiatan Pekan Olahraga Sumatera yang memperebutkan medali sekaligus kuota untuk PON XXI tersebut juga bakal diramaikan dengan UMKM yang menjual aneka produk.

"Dampak ganda dalam kegiatan ini adalah meningkatnya daya beli masyarakat khususnya kebutuhan para atlet, pengurus, dan pelatih terkait kuliner, akomodasi, transportasi sehingga ajang olahraga ini sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di Riau," katanya.