Bupati Inhu luncurkan aplikasi SAKTI, kenaikan gaji ASN akan otomatis

id Rengat,Indragiri Hulu

Bupati Inhu luncurkan aplikasi SAKTI, kenaikan gaji ASN akan otomatis

Bupati Inhu meluncurkan aplikasi SAKTI. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi meluncurkan aplikasi Sistem Pelayanan Kepegawaian Terintegrasi (SAKTI) untuk meningkatkan manajemen kepegawaian di lingkungan pemerintah setempat, Selasa.

"Saya mengucapkan selamat dan menyambut baik hadirnya aksi perubahan inovasi aplikasi ini," kata Bupati.

Ia sangat mengapresiasi tinggi kepada tim aksi perubahan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Inhu yang telah membuat suatu inovasi dengan menciptakan aplikasi tersebut

Menurutnya, dengan hadirnya aplikasi SAKTI bisa mendorong kinerja pemerintahan di Kabupaten Indragiri Hulu yang semakin maju.

"Mudah-mudahan, upaya ini akan membawa perubahan signifikan terutama dalam penerapan sistem digitalisasi," ujarnya.

Terkait manajemen kepegawaian di Kabupaten Indragiri Hulu dimana layanan kepegawaian yang akan mulai diproses melalui aplikasi SAKTI adalah berkaitan dengan Kenaikan Gaji Berkala (KGB) Aparatur Sipil Negara (ASN) secara otomatis.

Pada sistem tersebut, ASN akan diberi kemudahan mendapatkan informasi terkait perihal waktu seseorang akan naik gaji berkala tanpa harus berpikir dan mencari dokumen yang ada.

Melalui aplikasi SAKTI ini, ASN yang memasuki periode kenaikan gaji berkala akan otomatis sehingga tidak memerlukan pemberkasan dan surat pengantar dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rezita berharap hadirnya aplikasi SAKTI ini nantinya dapat terus disempurnakan dan tidak hanya terintegrasi pada satu layanan saja.

Ke depannya, dengan aplikasi bisa meningkatkan pelayanan kepegawaian dan manajemen ASN di Inhu.

Rezita juga berharap, ke depannya aplikasi ini terus dapat dikembangkan hingga seluruh ASN memiliki suatu arsip kepegawaian digital.

Nantinya satu data kepegawaian yang terintegrasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi lainnya akan memberikan kemudahan seluruh layanan kepegawaian dalam satu aplikasi yaitu SAKTI.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan (BKP2D) Inhu Subrantas dalam laporannya mengatakan, tujuan aplikasi SAKTI merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

"Dengan harapan, seluruh peserta kegiatan dapat memahami penggunaan aplikasi dan memanfaatkannya.