Suporter apresiasi prestasi timnas Indonesia menang 2-0 saat lawan Turkmenistan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, suporter,bola

Suporter apresiasi prestasi timnas Indonesia menang 2-0 saat lawan Turkmenistan

Salah seorang suporter asal Yogyakarta yang bernama Katon menunjukkan potongan rambut yang bertulis "Erick Thohir" saat pertandingan Timnas Indonesia melawan Turkmenistan di Stadion GBT Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam. (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

Jakarta (ANTARA) - Para suporter mengapresiasi prestasi timnas Indonesia yang menang 2-0 atas Turkmenistan pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9) malam.

"Timnas semakin berprestasi di level internasional," kata salah satu suporter asal Yogyakarta Katon dalam keterangannya di Surabaya, Sabtu.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir yang terus mengawal dan mendukung para pemain Timnas hingga meraih kemenangannya .

"Timnas sekarang hebat, mainnya bagus. Sukses untuk timnas dan juga Pak Erick Thohir," katanya sambil menunjukkan potongan rambut belakang yang bertulis "Erick Thohir".

Selain para pendukung dari sejumlah kelompok suporter, laga melawan tim yang berjuluk The Karakum Warriors itu juga dipadati ribuan santri dari berbagai pesantren.

Para santri itu pun tak ketinggalan memberikan apresiasi atas perjuangan timnas dengan melantunkan lagu yang diciptakan oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Chasbullah, Yalal Waton.

Sebelumnya, timnas Indonesia senior mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo GBT Surabaya, Jumat malam.

Kedua gol Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistyawan pada menit ke-19 dan Egy Maulana Vikri menit ke-90+1.

Hasil itu menambah catatan baik timnas Indonesia dengan tiga kemenangan, satu seri, dan satu kalah.

Pertemuan pertama Indonesia dengan Turkmenistan terjadi pada 31 Maret 2004 di Stadion Olimpiade Ashgabat dalam Kualifikasi Piala Dunia 2006.

Pada laga perdana itu, Indonesia kalah 1-3 dengan gol tunggal Indonesia dicetak Budi Sudarsono. Sementara tiga gol Turkmenistan dilesakkan Vladimir Bayramov dua gol dan Begencmuhamed Kuliyew.

Kemudian, pada 17 November 2004 giliran Indonesia menjamu Turkmenistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta berhasil menang 3-1 berkat hattrick Ilham Jaya Kesuma.

Selanjutnya, timnas Indonesia kembali bentrok dengan Turkmenistan dalam kualifikasi Piala Dunia 2014.

Pada pertemuan pertama Indonesia bertandang ke Ashgabat pada 23 Juli 2011, hasilnya imbang 1-1, Ilham Jaya Kesuma yang menjadi aktor penyeimbang dalam pertandingan itu.

Pada pertemuan kedua berlangsung di Jakarta pada 28 Juli 2011, hasilnya Turkmenistan dihajar oleh tim Garuda dengan skor 4-3.

Empat gol Indonesia didapat dari Cristian Gonzales dua gol, Ahmad Nasuha, dan Muhammad Ridwan.

Baca juga: Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan akui sudah punya gambaran untuk hadapi Palestina

Baca juga: Timnas akhiri penantian medali emas SEA Games 32 tahun