UNRI dan Polri kolaborasi peningkatan kualitas SDM

id Unri, universitas riau

UNRI dan Polri kolaborasi peningkatan kualitas SDM

Suasana diskusi antara Rektor UNRI dan perwakilan Mabes Polri. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Sri Indarti SE MSi menyambut baik evaluasi dan rencana pengembangan kerjasama yang dilakukan dengan berbagai mitra, termasuk institusi Polisi Republik Indonesia (Polri).

Rektor mengaku UNRI sangat terbuka untuk berkolaborasi dalam berbagai aspek kerja sama untuk memajukan pembangunan bangsa ini khususnya di bidang pendidikan.

"Saat ini perguruan tinggi dituntut untuk mengimplementasikan kerja sama antara universitas dengan berbagai instansi dan dunia usaha karena kebijakan pemerintah saat ini terkait merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) menuntut mahasiswa untuk mengasah kompetensi di luar kampus selama satu semester, di antaranya melalui program magang mahasiswa," katanya.

"Ini merupakan sebuah kehormatan dan apresiasi yang diberikan kesempatan untuk menjalin kerja sama antara Polri dan UNRI. Ini menggambarkan tekat bulat antara kedua institusi untuk bersama memajukan serta memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara, ucapnya saat penandatanganan nota kesepahaman antara Polri dan UNRI," katanya di Pekanbaru, Kamis (31/8).

UNRI mengucapkan terimakasih kesempatan atas diberikan, kerjasama ini sudah pernah dilaksanakan dan ini merupakan kerja sama yang sebelumnya yang sudah berakhir.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan langkah penting dalam membangun pondasi yang kuat untuk menciptakan masyarakat yang aman, tertib, dan sejahtera serta tentunya masyarakat yang kompeten dan unggul

"Oleh karena itu, kami selaku perguruan tinggi menjalankan fungsi Tridarma perguruan tinggi, dimana di situ ada pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian yang mungkin melahirkan inovasi baru yang bisa dikolaborasikan dengan Polri," tambahnya.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Polri dan UNRI, antara lain bersepakat pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi, program pendidikan vokasi, profesi, sarjana, magister, dan doktor,

Selanjutnya, pengkajian, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan, Keempat, Peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya manusia, Kelima, Pemanfaatan sarana dan prasarana, dan Keenam, Implementasi program MBKM.

Dalam hal ini, Brigjen Pol Drs Sri Eko Pranggono selaku Karojianstra SDM Polri menyampaikan kolaborasi antara Polri dan perguruan tinggi ini bisa kembangkan karena kerja sama ini bersifat dinamis sehingga peluang kerjasama sangat bisa dikembangkan.

Melalui pengembangan ini, diharapkan akan melahirkan SDM yang unggul, berkualitas dan profesional.

Polri juga mengapresiasi kesediaan UNRI untuk menjalin kemitraan. Ia berharap kemitraan ini bisa terus meningkatkan kualitas sumber daya Polri seiring harapan publik atas peningkatan kualitas aparat keamanan nasional serta melahirkan SDM yang berkualitas.