Kemarin, Cak Imin lapor nama koalisi baru hingga cawapres Prabowo Subianto

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Prabowo

Kemarin, Cak Imin lapor nama koalisi baru hingga cawapres Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan sambutan saat acara peringatan HUT Ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (29/8) menjadi sorotan, di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan melaporkan ke internal partainya terkait pergantian nama koalisi hingga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto meminta pendukung sabar terkait nama bakal cawapres yang akan diusung.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. KKIR jadi Koalisi Indonesia Maju, Cak Imin: Saya akan lapor partai

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku akan melaporkan ke partai terkait perubahan nama koalisi pendukung Prabowo Subianto yang mulanya Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menjadi Koalisi Indonesia Maju.

Prabowo Subianto, bakal calon presiden yang diusung oleh KKIR — sekarang berganti Koalisi Indonesia Maju — mengumumkan pergantian nama itu dalam rangkaian peringatan HUT Ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8) malam.

"Ya saya baru tahu tadi sama Pak Prabowo bahwa koalisinya jadi Koalisi Indonesia Maju. Tentu saya akan lapor ke partai bahwa perkembangannya sudah berubah. Berarti KKIR dibubarkan dong? Nah saya gak tahu. Saya akan melapor ke partai dulu," kata Muhaimin yang juga populer dengan sapaan Cak Imin menjawab pertanyaan wartawan selepas acara tersebut.

Silakan klik di sini.

2. Paripurna DPR setujui 42 RUU masuk Prolegnas Prioritas 2023

Rapat Paripurna DPR RI Ke-4 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023-2024 menyetujui 42 rancangan undang-undang masuk Program Legislasi Nasional Prioritas Tahun 2023.

Hal tersebut sebagaimana yang menjadi persetujuan terhadap laporan Badan Legislasi DPR RI atas hasil evaluasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Rancangan Undang-Undang (RUU) Prioritas Tahun 2023.

"Apakah laporan Badan Legislasi DPR RI atas hasil evaluasi Program Legislasi Nasional RUU Prioritas Tahun 2023 dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Silakan klik di sini.

3. OSO: Tak ada arahan khusus dari Presiden Jokowi terkait Pilpres 2024

Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menegaskan bahwa dirinya tak mendapatkan arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Terus terang saja tidak ada pengarahan dari Pak Jokowi kepada saya," katanya di Jakarta, Senin.

Silakan klik di sini.

4. Jokowi: Jangan sampai urusan politik 2024 ganggu stabilitas ekonomi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan urusan politik terkait Pemilu 2024 jangan sampai mengganggu stabilitas ekonomi domestik yang telah terjaga dengan baik.

“Saya selalu menyampaikan jangan sampai urusan politik di 2024 mengganggu stabilitas ekonomi kita karena kalau terganggu dalam posisi dunia sulit itu kadang-kadang mengembalikannya akan sangat sulit,” kata Jokowi dalam Pembukaan Rapimnas Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman), sebagaimana disaksikan dari tayangan daring, Jakarta, Selasa.

Silakan klik di sini

5. Prabowo minta kader partai pendukung sabar soal bakal cawapres

Bakal calon presiden Prabowo Subianto meminta para kader partai koalisi pendukung untuk bersabar menunggu penetapan nama bakal calon wakil presiden yang bakal mendampinginya pada Pemilihan Presiden 2024.

"Wapres nanti! Belum apa-apa wapres," kata Prabowo menanggapi sejumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyerukan nama Erick Thohir cawapres saat memberi sambutan dalam acara HUT Ke-25 PAN di Jakarta, Senin.

Silakan klik di sini.