Keberadaan Suku Akit dan Peranakan di Dumai akhirnya mendapat pengakuan dari pemerintah

id apical dumai,suku akit dumai,suku akit

Keberadaan Suku Akit dan Peranakan di Dumai akhirnya mendapat pengakuan dari pemerintah

Jajaran kepengurusan Batin Suku Akit dan Peranakan di Kota Dumai yang baru dilantik. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Pasca diterbitkan surat keputusan pengakuan keberadaan Suku Akit, warga gerak cepat membentuk kepengurusan Batin Suku Akit dan Peranakan dengan sebagai Ketua Andres Alenglalu dikukuhkan Wali Kota Dumai Paisal, Selasa lalu.

Permukiman warga Suku Akit yang berdekatan dengan areal pabrik Apical Group di Kawasan Industri Lubuk Gaung Dumai ini dihuni sekitar kurang lebih 80 kepala keluarga, dengan sebagian besar mata pencaharian nelayan dan bertani, serta bekerja di perusahaan industri.

Ketua Batin Suku Akit Dumai Andres Apeng mengaku bangga dan terharu dengan diakuinya keberadaan warga Suku Akit oleh Pemerintah, dan juga bisa bernaung di bawah payung Lembaga Adat Melayu Riau (PAMR) Dumai.

"Pengakuan ini menjadi bukti keberadaan warga Suku Akit di Kota Dumai. Terima kasih kepada pemerintah dan semua pihak termasuk perusahaan yang beroperasi di Lubuk Gaung atas dukungan dan kepedulian terhadap warga kami," kata Andres.

Wali KotaPaisal menyambut hangat telah hadir dan terbentuknya pengurus Suku Akit dan Peranakan ini dan tentunya menambah panjang deretan keberagaman suku di Dumai agar senantiasa hidup rukun berdampingan.

Agar kekayaan beragam suku dan adat istiadat terawat dan dilestarikan, Pemerintah Dumai terus menghidupkan panggung penampilan seni dan adat belasan suku yang ada, dan dibuat rutin bergantian setiap akhir pekan.

"Kita terus meluncurkan panggung budaya yang menampilkan berbagai kesenian suku suku masyarakat yang hidup berdampingan di Dumai. Tujuannya agar galeri seni dan budaya ini bisa disaksikan dan dilestarikan oleh generasi muda," kataPaisal.

Salah satu perwakilan perusahaan industri yang ikut menghadiri pengukuhan Pengurus Suku Akit dan Peranakan Dumai yaitu Apical Grup menyatakan ungkapan senang hati dapat berkontribusi dalam rangka menjaga dan melestarikan kearifan lokal budaya Suku Akit.

"Sebagai perusahaan yang hidup berdampingan dengan masyarakat, kami turut berbahagia bisa terlibat langsung dalam kegiatan pelestarian kearifan lokal Suku Akit ini. Seperti diadakan juga proses sunat anak laki-laki yang merupakan pengesahan kedewasaan secara adat," kata Humas Apical Dumai Kamero Bangun ditemui ANTARA.

Ikut hadir juga dalam kegiatan pengukuhan Pengurus Suku Akit dan Peranakan Dumai ini, Staf Khusus Menteri Hukum HAM Fajar BS Lase, Ketua LAMR Dumai Datuk Sri Jamhur Egab, Kasi Intelijen Kejaksaan Abu Nawas, perwakilan Polres, Kodim 0320 dan tamu undangan lain.