Bupati Siak apresiasi Menkes dan RAPP dukung integrasi layanan primer

id Bupati Siak, menkes, RAPP, layanan kesehatan

Bupati Siak apresiasi Menkes dan RAPP dukung integrasi layanan primer

Kegiatan Menkes RI Budi Gunadi di Pangkalan Kerinci bersama PT RAPP dan sejumlah Kepala daerah termasuk Bupati Siak, Alfedri. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Pangkalan Kerinci, Riau (ANTARA) - Bupati Siak,Alfedri mengapresiasi Menteri Kesehatan Budi Gunadi dan PT Riau Andalan Pulp and Paper dari APRIL Grup dalam mendukung program integrasi layanan primer di tiga kabupaten Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingi.

Alfedri menyampaikan Integrasi layanan primer merupakan bagian dari kegiatan transformasi pelayanan kesehatan primer yang merupakan pilar pertama dari Transformasi Sistem Kesehatan yang digagas oleh Kemenkes RI. Hal ini dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengatasi masalah kesehatan, seperti kesehatan ibu dan anak, keluarga.

"Kami atas nama Pemkab Siak terima kasih dengan pak Menteri kesehatan RI dan PT RAPP April Group yang mendukung program integrasi layanan primer di Provinsi Riau khususnya di kabupaten Siak" ujarnya di Pelalawan, Selasa.

Bupati Alfedri mengatakan program ini bertujuan meningkatkan kemampuan Puskesmas melakukan deteksi dini dan perawatan terutama di lingkungan kesehatan ibu dan anak.

"Tadi kami menerima secara simbolis alat kesehatan pendukung yang diserahkan pak Menteri Kesehatan. Ada 30 Puskesmas di 3 kabupaten yang akan menerima alkes tersebut," ucapnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tingkat rata-rata penduduk perempuan di Indonesia dalam 1 tahun melahirkan bayi jumlahnya 4,8 juta sama dengan jumlah penduduk Singapura yang saat ini mencapai 5 juta.

"Tapi tingkat kematian bayi kita nomor 10 terbesar di dunia. Karena saya baru tahu bahwa banyak wanita Indonesia lahir ibu-ibu tak di-USG bayinya,"kata dia.

Maka, Puskesmas dan posyandu sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam bidang kesehatan imunisasi dan edukasinya diperbanyak, para kadernya diberi pelatihan dan puskesmasnya dicat biar terlihat bagus.

Direktur Utama RAPP, Sihol Aritonang mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan minimal (SPM) kesehatan bagi masyarakat, khususnya kesehatan ibu hamil dan anak balita, remaja, usia produktif dan lansia.

Bertujuan pula mendorong deteksi dini dan percepatan rujukan di tingkat pelayanan kesehatan primer melalui pendekatan siklus hidup.

"Dengan mendukung transformasi pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dalam hal deteksi dini penyakit dan percepatan rujukan, terutama untuk kesehatan ibu hamil dan anak balita sehingga dapat meminimalisir stunting," lanjutnya.