Menyambut kedatangan 218 jemaah haji asal Inhu

id haji inhu,pemkab inhu

Menyambut kedatangan 218 jemaah haji asal Inhu

Suasana penyambutan jemaah haji asal Kabupaten Indragiri Hulu di Kantor Bupati setempat, Jumat (14/7/23). (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menyambut kedatangan 218 haji asal kabupaten tersebut yang baru tiba dari Tanah Suci di halaman perkantoran bupati setempat pada pukul 13-30 WIB, Jumat sore (14/7).

Penyambutan dipimpin Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat didampingi perwakilan Forkomda setempat karena Bupati Rezita Meylani Yopi sedang ada kegiatan di luar kota.

Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat mengatakan sesuai jadwal diperkirakan jemaah haji sebanyak 218 tiba di Rengat pukul 14.30 WIB, namun sedikit keterlambatan karena proses perjalanan.

"Kami sangat bangga semua jemaah tiba dengan selamat dan dalam keadaan sehat,” katanya.

Kedatangan jemaah sudah ditunggu oleh pemerintah daerah dan masyarakat serta keluarga. Semua memberikan doa agar proses perjalanan pulang semua JH berjalan lancar dan aman.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf bahwa Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi tidak bisa hadir dalam prosesi penyambutan tersebut, karena Bupati rezita masih ada kegiatan penting di luar kota.

Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat saat penyambutan jemaah haji asal Kabupaten Indragiri Hulu di Kantor Bupati setempat, Jumat (14/7/23). (ANTARA/Asri)


Ribuan masyarakat Indragiri Hulu memadati halaman perkantoran bupati setempat, selepas salat Jumat guna menyambut kedatangan jemaah.

Masyarakat datang dari berbagai kecamatan se-Inhu guna memberikan semangat dan rasa bangga atas kepulangan para jamaah.

Semua dengan maksud menjemput keluarga jemaah haji, bahkan katanya, suasana sangat luar biasa, antusias semua pihak keluarga JH terlihat dari mimik wajah dan ekspresi kebahagiaan.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu keluarga JH asal Air Molek, Yeni (40), dirinya bersama keluarga merasa bangga, bahagia dan haru menyambut kedatangan jemaah haji.

Seperti diketahui, jemaah haji asal Inhu tiba dari Batam menuju Pekanbaru, seterusnya langsung naik lima menuju Rengat. Setiba di Kecamatan Rengat Barat, rombongan haji disambut Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmad dan istri.

Suasana warga saat penyambutan jemaah haji asal Kabupaten Indragiri Hulu di Kantor Bupati setempat, Jumat (14/7/23). (ANTARA/Asri)


Satu per satu jemaah turun dari kendaraan menuju tempat yang sudah disediakan. Mereka pun duduk. Selanjutnya prosesi pembacaan doa oleh panitia. Setelah itu sambutan dari Wakil Bupati Indragiri Hulu.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Inhu, kami mengucapkan selamat datang, semoga semua berpredikat haji mabrur dan mabrullah. Jemaah telah mampu menjalani semua rukun haji dengan baik, kembali dengan keluarga, berkumpul bersama. Selamat berkumpul dengan sanak keluarga," ujarnya.

Selesai prosesi acara penyambutan, semua jemaah haji menuju kendaraan penjemputan keluarga masing-masing menuju kampung halaman.

Sebelumnya, sebanyak 218 calon haji asal Inhu berangkat ke Tanah Suci pada 31 Mei 2023.

Rombongan calon haji tersebut berangkat pada 31 Mei 2023 dan tergabung dalam Kloter 14 BTH Batam bersama calon haji dari Kabupaten Inhil, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis dan Rokan Hulu.

Saat itu, Bupati Rezita Meylani Yopi melepas langsung para calon haji tersebut. Namun selanjutnya ada tambahan 35 calon haji.

Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu Hendrizal pun melepas keberangkatan 35 calon haji kuota tambahan tersebut dari Masjid Nurul Amal, Pematang Reba, pada Kamis(22/6) yang tergabung dalam Kloter 33 BTH. (Advetorial Kominfo Inhu 2023)