Distan Kuansing Akan Terima Kucuran Dana Pusat

id distan kuansing, akan terima, kucuran dana pusat

Distan Kuansing Akan Terima Kucuran Dana Pusat

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Dinas Tanaman Pangan (Distan) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau pada musim tanam 2014 ini bakal menerima kuncuran bantuan dana pusat untuk peningkatan produksi 6.000 hektar sawah.

"Dana tersebut akan disalurkan langsung melalui Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) untuk melaksanakan kegiatan di tiga kawasan dalam rangka mencapai swasembada pangan," kata Kadis Tanaman Pangan Kuansing, Ir H Maisir di Taluk, Sabtu.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah Kuansing terus mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat dengan melaksanakan sejumlah program, salah satunya program ekonomi kerakyatan adalah peningkatan produksi tanaman padi. Pada tahun 2014 Kabupaten kuantan Singingi memperoleh bantuan dari APBN untuk kegiatan dalam sejumlah kawasan.

Kawasan pertumbuhan seluas 1.000 hektar dengan produksi rata-rata di bawah 4,8 ton per hektar, kawasan pengembangan seluas 1.000 hektar dengan produksi rata-rata 4,8 ton per hektar dan kawasan pemantapan mencapai 4.000 hektar dengan produksi rata-rata di atas 4,8 ton per hektar.

"Kawasan pertumbuhan dan pengembangan akan memperoleh bantuan atau subsidi berupa benih, pupuk dan biaya pertemuan kelompok," sebutnya.

Sementara untuk kawasan pemantapan hanya akan memperoleh bantuan benih dan biaya pertemuan kelompok saja, sedangkan pupuk merupakan swadaya dari petani. Dana untuk kegiatan ini akan disetorkan langsung ke rekening kelompok dari APBN.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan Bulan Agustus, September dan Oktober," ucapnya.