UIN Suska Riau gelar KKN Internasional di Malaysia

id Uin suska, kkn internasional

UIN Suska Riau gelar KKN Internasional di Malaysia

Salah satu kegiatan KKN di Malaysia. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau terus berkomitmen menggapai kegemilangan dan kecemerlangannya dengan melakukan terobosan-terobosan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik di skala nasional maupun internasional.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan tersebut dalam rangka mencapai akreditasi unggul dan meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang merupakan salah satu indikator keberhasilan tata kelola sebuah perguruan tinggi.

Salah satu bentuk kegiatan yang ditaja oleh kampus Islam negeri terbesar di Riau ini adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Negeri Kelantan, Malaysia. Kegiatan ini bermula dari kunjungan Exco Pembangunan Islam, Dakwah, Penerangan dan Hubungan Seranta (Dato' Panglima Perang) Negeri Kelantan yakni Dato' Ustadz Nasaruddin Daud bersama rombongan ke UIN Suska Riau beberapa bulan lalu guna menjalin kerjasama kedua belah pihak.

Rektor UINSuskaProf. Dr. Khairunas Rajab bersama pimpinan ketika itu sangat menyambut baik kunjungan tersebut dan mengharapkan agar kerjasama yang selama ini pernah terjalin dapat diteruskan. Gayung bersambut, maka pada 5-6 Juli 2023, Prof Dr. Leny Nofiantidan M Kholilullah, M.Ag selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat yang didampingi Prof. Edi Erwanselaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Suska Riau melaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Ma’had Muhammadi Lelaki dan Ma’had Muhammadi Perempuan sekaligus secara simbolis mengantar mahasiswa KKN Internasional di Negeri Kelantan.

Adapun total mahasiswa KKN Internasional tersebut berjumlah tujuh orang dan dilaksanakan selama dua bulan. Kedatangan rombongan UIN Suska ini disambut sangat hangat oleh Exco YB Dato’ Dr. Mohamed Fadzli bin Dato’ Haji Hassan Pengerusi Jawatankuasa Pembangunan Insan, Pendidikan, Pengajian Tinggi, Sains dan Teknologi, Kerajaan Negeri Kelantan. Setelah diterima oleh pihak kerajaan Negeri Kelantan, selanjutnya tim LP2M dan Pak WR III bertemu dengan pimpinan Ma’had Muhammadi Lelaki dan Ma’had Muhammadi Perempuan, dimana lembaga ini merupakan tempat pelaksanaan KKN Internasional selain tempat-tempat lain di Kota Bahru Kelantan Malaysia.

Selain itu, rombongan juga diterima oleh Rektor dan pimpinan lain Kolej Islam Antara Bangsa Sultan Ismail Petra (KIAS) yang selama ini pernah menjalin MoU dengan Uin Suska Riau. Di dalam pertemuan tersebut disepakati akan ditindaklanjuti dengan perpanjangan MoU sekaligus implementasi beberapa program salah satunya adalah pengiriman penyelia kenaikan pangkat lecturer KIAS dari UIN Suska Riau.