Peran polisi RW di Meranti meningkatkan pelayanan ke masyarakat

id Polisi RW,Launching Polisi RW ,Polisi RW di Meranti ,Polres Meranti

Peran polisi RW di Meranti meningkatkan pelayanan ke masyarakat

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal saat berbincang-bincang dengan salah seorang Polisi RW di Desa Gogok Aiptu Sutiman dan Ketua RW Novi Iskandar, terkait tujuan dari dibentuknya Polisi RW tersebut, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pos Polisi RW 002 di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti sempat dilakukan pengecekan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Kamis, usai diluncurkan.

Pengecekan dilakukan di sela-sela kunjungannya meresmikan lapangan tembak Bhara Daksa Polres Kepulauan Meranti dan bersilaturahmi ke pondok pesantren Darul Fikri Selatpanjang.

Hal ini pula lah yang menjadi bukti dan komitmen Kapolda Riau, bahwa seluruh jajarannya telah menjalankan Polisi RW yang bertujuan untuk memelihara keamanan, ketertiban, merespon, menanggapi, permasalahan yang berada di tengah masyarakat hingga di lingkup wilayah terkecil.

Ia bahkan menyempatkan diri berdialog bersama Polisi RW dengan masyarakat di kabupaten terluar dan terujung di Riau tersebut.

Adapun dialog Irjen Iqbal bersama Polisi RW 002 Desa Gogok Aiptu Sutiman dan Ketua RW Novi Iskandar, terkait tujuan dari dibentuknya Polisi RW ini. Dimana, kehadiran Polisi RW di tengah-tengah masyarakat juga untuk meningkatkan pelayanan keamanan di masyarakat.

"Polisi RW harus memiliki pengetahuan dalam menerapkan prinsip community policing, restorative justice, dan akuntabilitas. Apalagi momen pemilu semakin dekat, Polri akan selalu menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai di lingkungan masyarakat," ujarnya.

Kemudian, mengenai problem solving di lingkungan RW setempat yang pernah terjadi, seperti perkelahian remaja. Bahwa polisi dan RW 002 Desa Gogok setempat sudah menyelesaikan dengan secara kekeluargaan.

Selanjutnya, kegiatan yang pernah dilakukan oleh Polisi RW dan RW 002 setempat, yakni gotong royong membersihkan selokan-selokan atau parit yang membuat tersumbat aliran pembuangan air.

"Jadi, Polisi RW juga dituntut untuk saling bersinergi dalam mengatasi permasalahan di lingkup terkecil dan melaporkan secara berjenjang ke pimpinan. Baik itu kepada kades, lurah, camat, bupati, Bhabinkamtibmas, kapolsek hingga kapolres bila ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan di lingkup Polisi RW," pesan mantan Kadiv Humas Polri itu.

Ikut mendampingi Irjen M Iqbal dalam kegiatan tersebut, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Nindya M Iqbal, sejumlah jajaran Polda Riau, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG dan jajarannya.