Eva Yuliana Disuguhi Musik Tradisional Hadroh-Rebana

id eva, yuliana disuguhi, musik tradisional hadroh-rebana

Bangkinang, (Antarariau.com) - Akhir pekan minggu kedua awal tahun 2014, Eva Yuliana Jefry, Wakil Ketua DPRD kembali melakukan road show ke desa-desa di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar. Sabtu (11/1/2014) ia melangkahkan kaki ke Desa Tapung Makmur Kecamatan Tapung Hilir.

Sehari sebelumnya, usai jumatan berada di Kecamatan Tambang mengantarkan pinjaman modal untuk pengembangan usaha bibit jeruk milik Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Gobah.

Perjalanan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat ini didampingi Mulatua, Camat Tapung Hilir, Arief Rahman Hakim, anggota Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Kampar, Ketua PKK Kecamatan, Ny Mulatua dan Khairul Azmi.

Pukul 10.15 wib tiba di Desa Tapung Makmur memantau pelaksanaan pembangunan lokal belajar sekolah Madrasah Ibtida’iyah (MI) Al-Ittihad Yayasan Ittihad Putra Bangsa yang diusulkan masyarakat kepada Bupati Kampar melalui wakil rakyat ini pada bulan November 2013 lalu dalam APBD 2013. Selama 15 menit ia berbincang-bincang akrab dengan pengurus yayasan dan sejumlah aparat desa, salah satunya tampak hadir, Kepala Desa Kota Garo, Ilyas Sayang, Ahmad Basuki, tokoh masyarakat.

Lepas itu, Eva melanjutkan perjalanan ke jembatan kayu yang dua minggu sebelumnya sudah dipantau oleh Khairul Azmi, Caleg Dapil 5 nomor urut 6. Berdasarkan pengaduan masyarakat jembatan itu sudah banyak makan korban sebagai akses penghubung antar desa dan merupakan jalur usaha tani bagi warga setempat.

Tiba di lokasi pukul 10.35 ia langsung berdiri di jembatan di atas anak sungai Desa tapung Makmur itu bersama rombongan usai beberapa kendaraan roda dua melintas, melihat kondisi riil usulan pembangunan masyarakat tersebut. Eva menyempatkan diri berbincang akrab dengan

warga yang ada di sana.

Masih di desa yang sama, Eva menyempatkan diri bertemu langsung dengan Sariawati janda beranak tiga, satu-satunya warga termiskin di itu. “Inilah satu-satunya rumah warga yang paling miskin di desa kami buk,“ ucap Ahmad Basuki.

Bergegas Eva mengayunkan kakinya ke rumah si janda yang bernasib kurang menguntungkan itu. Muncul dalam gubuk reot itu, seorang perempuan dengan dua anaknya menyambut istri Bupati Kampar itu dengan wajah kaku dan malu. Eva berbincang dan memberi semangat kepada

perempuan beranak tiga tersebut suapay tetap tabah dan sabar menghadapi tantangan hidup.

Lima belas menit kemudian, pukul 11.00 wib sampailah ia ke lokasi acara, Festival Hadroh dan Rebana se-Tapung Raya PDTA- Al-Ittihad di Desa Tapung Makmur dilaksanakan selama dua hari (11-12 Jan) yang diikuti 38 peserta.

Setelah memberikan bantuan pribadinya kepada anak yatim piatu serta bantuan Rp5 juta untuk bantuan pelaksanaan acara itu yang diterima oleh Masduki, Kepala PDTA Alittihad, panitia acara, Eva sempat menyaksikan dua peserta yang menampilkan kebolehannya di panggung

acara itu. Kemeriahan acara tersebut dihadiri pula Sahidun, anggota DPRD Kampar Fraksi PAN, Kepala Desa Tanah Tinggi Supriharjanto dan Ilyas Sayang, Kepala Desa Kota Garo dan ratusan warga.

Usai mengikuti rangkaian acara selama setengah jam, Eva meninggalkan lokasi acara menuju rumah warga untuk menikmati hidangan makan siang bersama. Ia berinisiatif melayani semua tamu undangan dan warga menyeduk-kan nasi ke piring secara bergiliran, setelah selesai

semuanya barulah Eva makan lesehan di rumah itu dan selanjutnya melangkah pulang meninggalkan Kecamatan Tapung Hilir ke kediamannya.