Melihat kegiatan luar wahana/EVA pertama oleh para astronaut Shenzhou-14 China

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, CMSA

Melihat kegiatan luar wahana/EVA pertama oleh para astronaut Shenzhou-14 China

Beijing (ANTARA) - Untuk pertama kalinya astronaut China menggunakan kabin airlock Wentian, dibantu oleh lengan mekanik kecilnya, untuk melakukan kegiatan luar wahana (Extravehicular Activity/EVA), kata CMSA, yang menyatakan misi pada Jumat tersebut berjalan sukses.

Kedua astronaut kembali ke modul laboratorium pada pukul 00:33 waktu Beijing atau Kamis (1/9) pukul 23:33 WIB setelah melakukan EVA selama sekitar enam jam, menurut CMSA.

Di bawah koordinasi antara Bumi dan luar angkasa, serta koordinasi dengan astronaut Cai Xuzhe di dalam modul laboratorium, kedua astronaut itu menyelesaikan serangkaian tugas, termasuk pemasangan set pompa tambahan dari modul laboratorium Wentian, mengangkat kamera panorama modul laboratorium, dan verifikasi kemampuan untuk transfer independen serta pengembalian darurat ke wahana luar angkasa.

EVA-EVA ini menguji kemampuan kerja sama antara astronaut dan lengan mekanik kecil, serta menguji fungsi dan kinerja kabin airlock Wentian dan peralatan pendukung yang terkait dengan EVA, kata CMSA.

China meluncurkan wahana luar angkasa Shenzhou-14 pada 5 Juni, mengirim tiga astronaut ke gabungan stasiun luar angkasanya untuk misi selama enam bulan.

Baca juga: Tiga astronot China dilepas melalui acara seremonial dari Jiuquan, Provinsi Gansu

Diproduksi oleh Xinhua Global Service