367 calon haji Pekanbaru diberangkatkan ke Batam besok

id Calon haji Pekanbaru,Haji pekanbaru

367 calon haji Pekanbaru diberangkatkan ke Batam besok

Para calon haji dan anggota keluarga berpelukan sebelum keberangkatan (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - 367 calon haji asal kota Pekanbaru masuk Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau hari ini, Selasa, dan akan diberangkatkan ke Batam besok.

Berdasarkan pantauan, tampak para anggota keluarga mengantarkan ratusan calon haji di kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad. Para anggota keluarga melepaskan calon haji dengan berlinang airmata dan saling berpelukan.

Sebanyak delapan bus berbaris menunggu jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah suci. Para keluarga juga melambaikan tangan bentuk perpisahan sementara.

"Sebanyak 367 jemaah Kota Pekanbaru akan kita berangkatkan menuju Batam, Rabu besok," terang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Pekanbaru, Pujianto kepada ANTARA.

Dikatakannya, persiapan yang dilakukan telah maksimal sebab para jemaah telah dibekali materi manasik haji sebanyak 10 kali pertemuan.

Dua di antaranya merupakan manasik haji tingkat Kota Pekanbaru, sedangkan delapan pertemuan manasik haji tingkat kecamatan.

"Persiapan sudah maksimal. Jemaah juga sudah manasik haji di KBIH. Saya rasa sudah mencukupi," ungkapnya.

Adapun calon haji Pekanbaru berjumlah 844 jamaah yang akan diberangkatkan dengan beberapa kloter.

"Alhamdulillah tidak ada kesulitan sebab sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan ibadah haji," lanjut Pujianto.

Salah satu calon haji Saulul Amri menyebutkan telah mengikuti manasik haji dan mempersiapkan keberangkatan selama 10 hari.

"Persiapan segala macam sudah disiapkan, termasuk obat dan kebutuhan pribadi. Selain mengikuti manasik haji yang diadakan juga melihat dari YouTube," ujarnya.

Tambah Saulul, ia berharap di Tanah Suci dapat beribadah dengan lebih giat dan khusyuk untuk mendoakan orangtuanya.