Sidak di hari pertama usai cuti bersama, Rektor UIN Suska : Ini untuk silaturrahmi

id uin suska riau,rektor uin suska

Sidak di hari pertama usai cuti bersama, Rektor UIN Suska : Ini untuk silaturrahmi

Rektor UIN Suska Riau saat sidak di hari pertama usai cuti lebaran, Rabu (26/4). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Prof Dr Khairunnas Rajab memimpin langsung sidak ke seluruh unit di hari pertama masuk kerja pada Rabu (26/4) bagi seluruh ASN, tenaga kependidikan setelah libur Idul Fitri 1444 H.

Sebelum sidak, Khairunnas Rajab menyampaikan bahwa Rektor atas nama pribadi dan pimpinan memohon maaf kepada seluruh pimpinan lainnya karena tidak ada gading yang tak retak selama memimpin UIN Suska Riau tentunya masih jauh dari kata sempurna sehingga terdapat salah dan khilaf, serta mohon doa terbaik dari semua elemen UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Lebih lanjut Rektor mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah tidak lebih daripada mempererat hubungan silaturrahmi antara Pimpinan dan Unit-unit di lingkungan UIN Suska Riau baik tingkat Universitas maupun tingkat Fakultas dan Program Pascasarjana. "Jadi jangan dipersepsikan atau lebih ditonjolkan sidaknya, akan tetapi mari kita tonjolkan meningkatkan ukhuwwah dan silaturrahmi antar sesama kita," kata Rektor.

Dalam pelaksanaan sidak tersebut Rektor didampingi para Wakil Rektor, Kepala Biro AUPK, Dekan di lingkungan UIN Suska Riau serta ketua lembaga dan kepala unit. Sementara itu di setiap unit, rombongan disambut oleh Wakil Dekan, Ketua dan sekretaris Prodi, Kabag, kasubbag dan para Tendik. Sidak ini dilakukan semata-mata adalah dalam rangka menjalankan perintah sesuai surat edaran Sekjen Kemenag RI dan menegakkan disiplin Pegawai ASN.

Sidak diawali dengan pertemuan di ruang Rapat Pimpinan lantai 4 Gedung Rektorat. Untuk memastikan kepatuhan pegawai dan dosen di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dipastikan bahwa 26 April 2023 adalah hari pertama masuk kantor. "Bila ada pegawai yang mengambil cuti dan memang sangat sulit terjangkau untuk kembali pada 26 April dapat menyesuaikan sebagaimana imbauan dan Surat Edaran," ujar Rektor.

Dengan adanya sidak ini, Rektor berharap ini menajdi contoh dan awal yang baik setelah lebaran. "Kita kembali kepada suci dan terus membangun paradigma baru sebagaimana merekonstruksi diri semakin matang dan menuju kedewasaan dalam rangka menuju cita-cita luhur kita menjadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang gemilang dan terbilang," lanjutnya.

Selain komitmen melestarikan nilai-nilai budaya yang tidak boleh diabaikan untuk menunjukkan karakteristik yang integratif antara ilmu keislaman dengan sains dan seni, budaya dan Tamaddun melayu.

Terakhir, Rektor mengatakan bahwa setakat ini kehadiran pegawai di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau di hari pertama masuk pasca libur Idul Fitri sangat antusias karena mereka tahu bahwa ini kampus yang harus mereka jaga dan rawat.