KPU umumkan jumlah DPS Riau 4.749.141 orang

id DPS Pemilu, KPU, Riau ,umumkan, jumlah ,DPS 4.749.141 ,suara

KPU umumkan jumlah DPS Riau  4.749.141 orang

Pemasangan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024. (ANTARA/HO-KPU Bantul)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Provinsi Riau untuk Pemilihan Umum ( Pemilu ) tahun 2024 mencapai 4.749.141 suara.

Total jumlah pemilih di DPS Pemilu 2024 di Provinsi Riau sebanyak 4.749.141 dengan perbandingan jumlah pemilih laki-laki 2.409.210 dan pemilih perempuan 2.339.931,” ungkap Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, di Pekanbaru, Jumat.

KPU Riau telah menggelar Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS), Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 Tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru, Kamis kemarin.

"Data pemilih kita sudah cukup baik, telah terjadi peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya," katanya.

Ilham Muhammad Yasir yang menjelaskan bahwa DPS Provinsi Riau yang telah ditetapkan tersebut, memuat daftar nama-nama pemilih yang memenuhi syarat berdasarkan data yang telah diverifikasi dan valid.

Dalam kesempatan ini ketua KPU Riau tersebut mengingatkan kepada pemilih yang terdaftar, dalam DPS untuk selalu memeriksa data diri masing-masing pada DPS yang telah ditetapkan.

Apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian data, pemilih dapat mengajukan perbaikan data ke posko pengaduan ke posko tanggapan pengumuman DPS di PPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota, dan KPU Riau selama periode perbaikan data yang ditentukan yaitu tanggal 12 April – 2 Mei 2023.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan apresiasi Pemerintah Provinsi Riau atas kerja-kerja KPU Provinsi Riau dan Kabupaten Kota dalam dalam menjalankan tahapan Pemilu 2024.

“Keberhasilan sebuah Pemilu tergantung dari tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Data pemilih itu sangat penting, kami menyambut baik kerja-kerja KPU Riau beserta Kabupaten/Kota dalam melaksanakan tahapan Pemilu 2024,” ungkap Gubernur yang juga pernah jadi penyelenggara Pemilu sebagai Sekretaris KPU Riau tersebut.

“Sebenarnya tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 yang mencapai 84% sudah cukup baik. Kita berharap dengan usaha yang maksimal pada Pemilu 2024 nanti partisipasi masyarakat semakin meningkat. Kami juga akan menghimbau masyarakat Provinsi Riau untuk menggunakan hak pilih,” pungkasnya.