Kadis PUPR-PKPP sebut 70 persen ruas jalan Riau kondisi baik

id PUPR-PKPP,jalan riau

Kadis PUPR-PKPP sebut  70 persen ruas jalan Riau  kondisi baik

PUPR-PKPP Riau berupaya segera perbaiki jalan rusak dukung kelancaran arus mudik Idul Fitri 2023. Dok ANTARA

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau M Arief Setiawan mengatakan berdasarkan hasil survei ruas jalan provinsi di 12 kabupaten/kota se-Riau tercatat 70 persen dalam kondisi baik dan 30 persen rusak ringan hingga berat.

"Survei ruas jalan di Provinsi Riau sudah kami lakukan bersama Ditlantas Polda Riau dan Dinas Perhubungan Riau dan teman-teman kabupaten/kota. 70 persen jalan provinsi di daerah dalam kondisi baik dan 30 persen kurang baik," kata M Arief Setiawan, di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan itu terkait persiapan Dinas PUPR-PKPP berupaya mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2013, namun demikian perbaikan jalan provinsi dalam kondisi kurang baik sudah ada yang dimulai sejak 14 Maret 2023 dan jalan tersebut sudah fungsional.

Dia mengatakan, sejumlah ruas jalan provinsi yang harus dikerjakan sudah mulai dikerjakan, baik oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) maupun Bidang Bina Marga.

"Saat ini pada bagian Bina Marga sudah melakukan lelang proyek dan menandatangani kontrak kerja dengan kontraktor pelaksana, sehingga kegiatan sejumlah perbaikan jalan yang disiapkan di tahun 2023 sudah mulai dikerjakan," katanya pula.

Jadi, katanya lagi, mana jalan yang mengalami kerusakan krusial nanti difungsionalkan dulu saat mudik Lebaran. Seperti kontraktor pelaksana perbaikan Jalan Kuala Cenaku itu sudah menandatangani kontrak dan mulai dikerjakan.

"Kalau masih belum selesai maka yang penting dilakukan pengaspalan dulu agar fungsional saat mudik Lebaran," katanya.

Sementara itu berdasarkan survei maka jalan-jalan provinsi di kabupaten kota yang mengalami kerusakan berat adalah jalan provinsi di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Ia menjelaskan ruas jalan di Kabupaten Rohul dan Inhil mengalami kerusakan parah namun demikian perbaikan jalan tersebut, agar bisa segera fungsional dilakukan secara bertahap sehingga kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri 2023 tetap terjaga dengan baik.

Dia menjelaskan ruas jalan di Kabupaten Rohul dan Inhil mengalami kerusakan parah namun demikian perbaikan jalan tersebut agar bisa segera fungsional dilakukan secara bertahap, sehingga kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri 2023 tetap terjaga dengan baik.

Jalan nasional berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, di Provinsi Riau tercatat sepanjang 1.336, 61 kilometer. Jalan arteri primer 783,57 kilometer. Jalan kolektor primer 553,05 kilometer. Untuk total panjang ruas jalan jalan provinsi Riau mencapai 2.799,81 kilometer. Sedangkan panjang ruas jalan kabupaten dan kota capai 19.773,81 kilometer.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PUPR-PKPP sebut 70 persen ruas jalan Riau kondisi baik