PUPR-PKPP Riau bangun jembatan darurat di Rokan Hulu

id Dinas PUPR-PKPP,Jembatan rohul

PUPR-PKPP Riau bangun jembatan darurat di Rokan Hulu

Hujan lebat disertai longsor membuat jalan provinsi di ruas Pasir Pengaraian-Bangun Purba, Rokan Hulu (Rohul) terputus. (ANTARA/HO-Dinas PUPR-PKPP)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau melalui UPT Jalan dan Jembatan Wilayah VI, membangun jembatan darurat karena jalan provinsi di ruas Pasir Pengaraian-Bangun Purba, Rokan Hulu terputus.

"Jalan provinsi di ruas Pasir Pengaraian-Bangun Purba, Rokan Hulu terputus karena hujan lebat beserta longsor. Pembangunan jembatan darurat agar aksesbilitas masyarakat tidak terganggu," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan Wilayah VI, Ferry Yunanda kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Feri mengatakan itu terkait jembatan penghubung di Desa Bangun Purba jebol diterjang air/longsor akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu beberapa hari terakhir.

Ia mengatakan, pembangunan jembatan darurat hanya bersifat sementara namun demikian UPT Jalan dan Jembatan Wilayah VI segera membangun jembatan permanen. Jembatan penghubung tepatnya di Desa Bangun Purba jebol diterjang air.

Ia menyebutkan untuk pihaknya sudah memulai pengerjaan jembatan darurat itu berkerjasama dengan Dinas PU Kabupaten Rohul terlihat alat berat dan seluruh material sudah di lokasi dan kini sudah masuk pada pengelasan rangka baja jembatan.

"Sebelumnya pada lokasi jalan putus tersebut sudah terdapat box culvert, akan tetapi karena curah hujan tinggi dan deras mengakibat box culvert tersebut jebol dan ruas jalan mengalami longsor," katanya.

Ia menjelaskan bahwa box culvert adalah produk beton pracetak persegi panjang dengan rongga besar di tengah yang biasa digunakan sebagai komponen drainase.

Kondisi bentang longsor akibat curah hujan tinggi itu, katanya, mencapai 10-12 meter dan keberadaan jembatan darurat tersebut semoga masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

"Kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga jembatan darurat pengganti jalan provinsi di ruas Pasir Pengaraian-Bangun Purba, Rokan Hulu (Rohul) yang putus itu harus segera selesai," katanya.

Fungsi jembatan sebagai infrastruktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, jalan raya atau pun rel kereta api. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.