Pj Gubernur: Alumni UI Bisa Perkuat SDM Riau

id pj gubernur, alumni ui, bisa perkuat, sdm riau

Pj Gubernur: Alumni UI Bisa Perkuat SDM Riau



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Penjabat Gubernur Riau Prof DR, Johermansyah Johan mengatakan bahwa alumni Universitas Indonesia di wilayah Riau berpotensi memperkuat sumberdaya manusia di provinsi kaya minyak itu.

"Perkuatan diperlukan untuk mendorong peningkatan kualitas berbagai bentuk kegiatan pembangunan mulai dari upaya pemberantasan kemiskinan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, dan meningkatkan kualitas pendidikan," kata Johermansyah di sela pengukuhan pengurus alumni UI wilayah Riau di Pekanbaru, Minggu.

Pengukuhan pengurus alumni UI wilayah Riau --dihadiri sebanyak 70 peserta alumni-- itu dilantik Ketua Umum alumni UI Dr. Chandra Motik SH, MSc. Terpilih sebagai ketua alumni UI wilayah Riau adalah Zainal Arifin.

Menurut Johermansyah, perkuatan SDM tersebut dapat dilakukan antara lain dengan berupaya terus memaukan almamaternya dalam berbagai bentuk pengabdian.

Ia mengatakan pengabdian bisa dilakukan antara lain dengan lebih banyak mendorong pelajar-pelajar asal Riau untuk masuk ke perguruan tinggi UI untuk berbagai jurusan.

"Tekhnisnya, mahasiswa UI asal Riau bisa membuat program bersama dengan para alumni memberikan bimbingan belajar kepada pelajar asal Riau agar setelah mereka tamat akan lebih mudah terjaring masuk UI," katanya.

Upaya ini diperlukan, katanya lagi, ke depan para alumni UI diharapkan bisa berperan serta dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang sedang dan akan dialami Riau dalam mendukung percepatan pembangunan di provinsi ini.

Ia mengatakan, berbagai persoalan dalam kegiatan pembangunan tentu ada, baik di bidang kesehatan, persoalan kemiskinan, peningkatan upaya kesehatan lingkungan dan lainnya.

"Oleh karena itu, saya yakini alumni UI asal Riau, tentunya tidak akan membiarkan berbagai persoalan tersebut bisa mempengaruhi upaya percepatan pembangunan di daerah ini," katanya.

Ia menambahkan, dengan SDM yang kuat, maka Provinsi akan bisa jauh lebih maju lagi dibandingkan dengan provinsi lainnya di tanah air.