Sosialisasi ke buruh transportasi, BPJS Ketenagakerjaan Siak dapatkan 207 kepesertaan baru

id BPJS, Ketenagakerjaan, buruh, Siak

Sosialisasi ke buruh transportasi, BPJS Ketenagakerjaan Siak dapatkan 207 kepesertaan baru

BPJS Ketenagakerjaan sosialisasi program ke Buruh Transportasi di Kecamatan Kandis. (ANTARA/HO-BPJS Ketenagakerjaan)

Siak, (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Siak melakukan sosialisasi langsung ke lapangan tempat buruh transportasi bekerja di Kilometer 18 Kecamatan Kandis dan mendapatkan sekitar 207 kepesertaan baru.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Siak, Yori Pratama menyampaikan kegiatan ini berkolaborasi dengan Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC FSPTI–KSPSI) Kabupaten Siak. Hal ini untuk semakin memperluas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja.

Pihaknya melakukan sosialisasi pada buruh anggota di PUK PT DAP Samsam dan PUK PT TKWL Kampung Belutu, Kandis. Sosialisasi dihadiri juga oleh Perwakilan DPC FSPTI–KSPSI Siak, Mayasari dan Damanhuri, Account Representative Manager Perusahaan Ray Boni dan serta masing-masing Ketua PUK PT DAP Samsam dan PUK PT TKWL Kampung Belutu, Petrus dan Olen Sitepu.

"Kita turun ke lapangan untuk mensosialisasikan pentingnya perlindungan bagi pekerja atau buruh transportasi. Setelah sosialiasasi langsung mendaftar seluruh anggota PUK PT DAP Samsam dan PUK PT TKWL Kampung Belutu sebanyak 207 orang," katanya di Siak, Jumat.

Pentingnya perlindungan bagi pekerja, lanjut dia sesuai amanah Undang-Undang nomor 40 Tahun 2004 dan UU 24 Tahun 2011. Sampai dengan saat ini tercatat sudah sebanyak 1.709 anggota DPC FSPTI – KSPSI Siak sudah terlindung dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dengan mengikuti Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

"Hal serupa akan tetap kita laksanakan nanti kepada anggota–anggota DPC FSPTI-KSPSI Siak di PUK lainnya dengan harapan seluruh anggota memiliki perlindungan," imbuhnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanannya bagi peserta, mempermudah proses klaim, mempermudah kepesertaan baik dalam pendaftaran dan pembayaran. Selain juga semakin menginformasikan seluas-luasnya informasi dan manfaat tentang program BPJS ketenagakerjaan khususnya bagi masyarakat pekerja di Kabupaten Siak.

"Semoga program jaminan sosial dapat menjadi jaring pengaman sosial bagi masyarakat pekerja terkhusus di kabupaten Siak agar terhindar dari resiko selama bekerja sehingga aman dan nyaman selama bekerja," tuturnya.