Tekan inflasi, Pekanbaru data penerima subsidi transportasi

id sembako,Tekan inflasi, Pekanbaru, data, penerima ,subsidi, transportasi

Tekan inflasi, Pekanbaru data penerima subsidi transportasi

Seorang pedagang sembako menimbang gula pasir di Pasar Pulo Payung, Dumai, Riau. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal memberi subsidi transportasi bagi pengusaha angkutan bahan kebutuhan pokok dengan tujuan menekan harga barang pokok di wilayah setempat.

Kenaikan harga ini diduga akibat naiknya ongkos transportasi bahan pokok dari sentra penghasil ke wilayah pemasaran.

"Kami sedang ngumpulin data, menyiapkan data orang-orang penerimanya siapa," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakan dia, pemerintah untuk anggaran subsidi transpor ini, diambil dari anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT) tahun 2023 sebesar Rp19 miliar.

"Belum bisa dipastikan berapa besaran subsidi yang bakal diberikan per orang, tetapi ada," ungkapnya.

Lanjut dia, kini prosesnya masih menyiapkan data calon penerima bantuan subsidi transportasi angkutan barang.

Mereka yang nantinya mendapatkan subsidi adalah pengusaha atau pemilik angkutan yang mengangkut kebutuhan pokok dari daerah penghasil ke Kota Pekanbaru.

"Subsidi ini diberikan kepada pengusaha angkutan guna menekan biaya angkut dalam upaya pengendalian inflasi daerah akibat tingginya sejumlah harga kebutuhan pokok," katanya.

Menurutnya, pemerintah kota juga masih menyiapkan skema penyaluran subsidi. Mereka menyiapkan skema agar subsidi bantuan transportasi tepat sasaran.

Pemilik angkutan yang mendapat subsidi nantinya, mesti mengangkut kebutuhan pokok ke Kota Pekanbaru. Langkah ini sebagai bentuk intervensi untuk memenuhi ketersediaan dan menekan harga bahan pokok.

"Nanti bahan pokoknya tidak dikirim ke Pekanbaru, kan percuma saja kita intervensi," pungkas Indra Pomi.