Warga Puri Indah Kualu saling bantu dengan "Gantungan Sedekah"

id Puri indah kualu, gantungan sedekah

Warga Puri Indah Kualu saling bantu dengan "Gantungan Sedekah"

Warga Puri Indah Kualu saat mengisi Gantungan Sedekah pada Ahad pagi. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebuah gerakan sosial diinisiasi warga Perumahan Puri Indah Kualu di Jalan Sukakarya, Kecamatan Tambang, di perbatasan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, pada Ahad pagi, usai kegiatan olah raga bersama.

Aksi sosial itu dinamai Gantungan Sedekah. Semacam papan didirikan oleh warga untuk menggantungkan berbagai macam keperluan sehari-hari, entah itu makanan siap santap, sayur mayur, lauk pauk, atau bahan pangan yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Warga luar komplek perumahan juga bisa memanfaatkannya untuk mengisi gantungan sedekah atau memanfaatkannya.

"Silahkan saja, ini untuk warga yang membutuhkan bukan untuk warga perumahan ini saja," kata Ketua RT 05/ RW 01 Muslim Sirin saat meresmikan Gantungan Sedekah tersebut.

Niat mulia ini berawal dari keprihatinan dan kepedulian warga Puri Indah yang melihat masih adanya warga yang kurang mampu dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, terutama dalam hal kebutuhan pangan.

"Mudah-mudah ini bisa menyalurkan (sedekah) baik secara langsung atau tak langsung" tambah Ketua RT.

Selain itu, lanjutnya, aksi kepedulian sosial ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi antarwarga sehingga rasa kebersamaan dan kepedulian akan meningkat.

Di papan gantungan sedekah itu juga tertulis, Kasih Seikhlasnya (Berikan sedekah terbaikmu, taruh semampunya), dan Ambil Seperlunya (Ingat saudaramu yang lain yang masih membutuhkan).

Saat peluncuran Gantungan Sedekah itu, warga berbondong-bondong menggantungkan sedekah terbaiknya antara lain, telur ayam, ikan laut, gula, teh, tempe, kerupuk, sayur-mayur, minyak goreng dan aneka kebutuhan pokok lainnya.

Kegiatan ini juga dikoordinatori oleh dua aktivis RT setempat, yakni Indra Putra dan Ahamdi Hasan.

Indra Putra mengatakan kegiatan ini bisa berlangsung selamanya selama masih ada warga Perumahan Puri Indah Kualu yang secara geografis berada di wilayah Kabupaten Kampar ini.

Warga Puri Indah Kualu berpose di depan Gantungan Sedekah usai berolahraga pagi. (ANTARA/dok)


"Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi," kata Indra penuh harap.

Diharapkan aksi yang mungkin dianggap kecil ini bisa menular ke berbagai daerah lainnya sehingga tidak ada warga yang kekurangan.