HAB Kemenag RI ke-77 dimeriahkan dengan Gerak Jalan Sehat Kerukunan

id Hab,kemenang kampar

HAB Kemenag RI ke-77 dimeriahkan dengan Gerak Jalan Sehat Kerukunan

Gerak jalan kerukunan Kemenag RI Kabupaten Kampar. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Pada puncak Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) ke-77 2023 di Kabupaten Kampar dimeriahkan dengan kegiatan Gerak Jalan Santai Kerukunan dilaksanakan pada Kamis.

"Ada 12 kegiatan yang dilaksanakan tahun ini pada HAB Kemenag RI dan pada hari puncak digelar Gerak Jalan Santai Kerukunan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Fuadi Ahmad.

Pada acara gerak jalan sehat itu dihadiri oleh Pj. Bupati Kampar Kamsol, Karo Kesra Setda Provinsi Riau Zulkifli Syukur, Dandim 0313/KPR Letkol (Arh) Mulyadi, Ketua Dharmawanita Persatuan, Fitri Neli, Asisten I Ahmad Yuzar unsur Forkopimda, Pejabat Struktural dan Fungsional, para pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Kampar.

Berbagai kegiatan atau pertandingan sebelumnya, seperti bola voly, tenis meja, perlombaan membaca kitab, kuning, perlombaan guru bidang studi, masak nasi goreng, perlombaan KUA terbersih, pemilihan guru modis, serta permainan rakyat.

Pada puncak peringatan itu juga digelar deklarasi kerukunan yang akan menghimbau seluruh masyarakat Kampar untuk hidup rukun dan damai dan menggalakkan kegiatan moderasi beragama.

“Mari kita bersatu padu membangun Kabupaten Kampar," ajaknya.

Sementara itu Penjabat Bupati Kampar Kamsol mengajak semua tentang pentingnya menjaga kebersamaan, toleransi dan kerukunan umat di Kabupaten Kampar.

"Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, oleh sebab itu kerukunan sering menguji kita, gesekan yang mengakibatkan ketidakrukunan masyarakat bisa saja terjadi kapan saja, untuk itu harus kita antisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat di Kabupaten Kampar ini tidak ternodai,” ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, ninik mamak bersama Kemenag Kabupaten Kampar untuk dapat bekerja sama sesuai fungsinya masing-masing serta selalu di depan dalam membina dan membangun kerukunan umat beragama.