DLHK Riau bagi-bagi 10 ribu bibit pohon di Siak

id DLHK, Riau, bibit, pohon, Siak

DLHK Riau bagi-bagi 10 ribu bibit pohon di Siak

Kepala DLHK Riau, Makmun Murod dan Sekda Siak, Arfan Usman bersama menanam pohon di area Gor Tualang, Kecantikan Tualang, Kabupaten Siak pada acara penyerahan 10 ribu bibit kepada masyarakat. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau membagikan 10 ribu bibit pohon produktif kepada Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Mandau Kabupaten Siak yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Bibit ini ditanam agar dijaga serta dipelihara. Jikasudah berbuahbisa dijual, inilah salah satu upaya kita mewujudkan Riau Hijau,” kata Kepala DLHK Riau, Makmun Murod di Gelanggang Olahraga Tualang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Senin.

Bibit pohon yang diberikantersebut di antaranya durian, manggis, mangga, matoa, pinang, dan aren.

Dia mengatakan Program Riau Hijau yang merupakan kelanjutan Siak Hijau berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan menurunkan emisi gas rumah kaca melalui tiga rencana aksi.

Tigarencana aksi itu, pertama meningkatkan pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup. Kedua meningkatkan kwalitas pengelolaan sumberdaya alam dan yang ketiga meningkatkan bauran energi dari sumber energi terbarukan.

“Dinas LKH Provinsi Riau sudah mengubah orientasi pemanfaatan. Dulunya kita berorentasi kepada kayu, tetapi hari ini sudah diubah perizinan yang kami terbitkan itu lebih ke arah restorasi ekosistem,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kadis LHK Provinsi Riau dan Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman melakukan penanaman pohon di areal GOR Tualang. Arfan Usman menyambut baik kegiatan tersebut selain bagikan bibit juga Pelestarian Satwa Liar Burung yang dilindungi.

"Kita berharap kegiatan ini memiliki manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi warga kampung-kampung yang menerima bibit,” ucap Arfan.

Ia lebih lanjut mengapresiasi dipilihnya Kecamatan Tualang, sebagai titik awal pelaksanaan penguatan Program Riau Hijau dan Pelestarian Satwa Liar Burung yang dirangkai Gubernur Riau Cup 2022.

Sebagaimana diketahui Program Riau Hijau ini kelanjutan Siak kabupaten Hijau, yang sama-sama memiliki konsep pelestarian alam serta pembangunan berkelanjutan dalam mendukung target Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net-Sink 2030.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DLHK Riau bagikan 10 ribu bibit pohon di Siak