Lima tim luar negeri akan ikuti Tour de Siak 2022

id tour siak, balap sepeda

Lima tim luar negeri akan ikuti Tour de Siak 2022

Para pebalap sepeda Tour de Siak pada tahun-tahun sebelumnya melewati jalan menuju Siak Sri Inderapura. Tahun lima tim luar negeri konfirmasi kepesertaannya. (Arsip ANTARA)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 13 tim bakal mengikuti event balap sepeda "Tour de Siak" yang akan berlangsung 1-4 Desember 2022, terdiri atas delapan tim dalam negeri dan lima tim luar negeri yang berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina.

"Mereka sudah konfirmasi ke Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Dua dari Malaysia, dan masing-masing satu dari Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina," kata Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas, Selasa.

Dia mengatakan penyelenggaraan Tour de Siak pada tahun ini etapenya diperluas hingga ke Kota Pekanbaru. Selain itu panitianya juga berbagi antara Dispar Siak dan Riau, begitu juga dengan anggarannya.

Pada hari pertama 1 Desember digelar parade peserta dan sepeda santai di Kabupaten Siak. Rutenya dari Istana Siak- Turap-SMA 1 Siak- DPRD Siak-Islamic Center Jalan Raja Kecik-Sutomo.

"Pada Kamis malam kita lakukan jamuan makan di tepian bandar Sungai Jantan. Ada acara sambutan Gubernur Riau dan kalau bisa hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Ada juga penampilan artis Lebah Begantung pada malam upacara pembukaan ini," ujarnya.

Keesokan harinya pada 2 Desember dilaksanakan Etape I yakni "Siak City Race" sepanjang 85 kilometer. Balapan dalam kota ini terdiri atas lima putaran dengan permulaan Istana Siak.

Pada hari ketiga dilaksanakan Etape II yakni Siak hingga Pekanbaru melewati Kabupaten Pelalawan sepanjang 130km. Rutenya Siak, Dayun, Km 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman.

Terakhir pada hari keempat akan dilaksanakan balapan dalam Kota Pekanbaru sepanjang 120kilometer. Ini penyelenggaraannya ditangani oleh Dispar Riau sekaligus dengan penutupan dan penyerahan hadiah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lima tim luar negeri bakal ikuti Tour de Siak 2022