1.775 turis berkunjung selama pelaksanaan Tour de Siak

id Tour de Siak, kunjungan wisatawan, tempat pariwisata Siak,Wisata siak, wisata riau

1.775 turis berkunjung selama pelaksanaan Tour de Siak

Prosesi penyerahan hadiah Tour de Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 1.775 wisatawan mengunjungi Kabupaten Siak selama pelaksanaan balap sepeda internasional Tour de Siak, 1-4 Desember 2023 dihitung dari tiket masuk ke istana Siak dan sejumlah destinasi lainnya.

“Tujuan balap sepeda Tour de Siak tetap kita gelar memang untuk mempromosikan destinasi wisata Siak baik secara nasional maupun ke mancanegara,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Tekad Perbatas Setia Dewa di Siak, Kamis.

Tingkat kunjungan ini didominasi ke Istana Siak, kemudian ke skywalk Tengku Buwang Asmara, Mempura, naik lift menuju menara jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah dan Tangsi Belanda.

Ia mengatakan, hitungan tiket masuk ke destinasi selama empat hari mencapai 1.775 dalam kondisi musim hujan itu sudah lebih baik. Kebanyakan mereka jalan-jalan sekaligus melihat balap sepeda, karena penasaran.

"Hari Sabtu dan Minggu yang banyak,” imbuhnya.

Salah satunya pada 1 Desember 2023, Kapolda Riau Irjen M Iqbal dan istri beserta rombongan juga mengunjungi sejumlah destinasi. Ia hadir di Siak selain menghadiri pembukaan Tour de Siak sekaligus berwisata.

Dalam kunjungan itu, Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal, bersama istrinya Nindya Iqbal memuji keunikan Siak. Selain istana sebagai tonggak sejarah kesultanan, M Iqbal juga kagum dengan adanya lift menuju puncak jembatan.

“Ini momen pertama yang dahsyat dan sangat berkesan bagi kami dapat menikmati indahnya Kota Siak dengan hamparan hijau, liuk sungai Siak dan kapal-kapal lewat,” katanya.

Ia juga menceritakan pengalamannya saat berada di atas menara jembatan setinggi 73 meter itu. Sebab ia menikmati pemandangan kota Siak dari ketinggian sembari menikmati kopi.

“Lebih dari 320 personel gabungan kepolisian hadir disini, kita supervisi dan mendukung Polres Siak dalam melakukan menajemen pengaman demi berjalan suksesnya Tour de Siak 2023 ini. Iven ini berpadu dengan wisata dan saya kita terus dilaksanakan setiap tahun,” katanya.