Bali optimistis jumlah kunjungan wisatawan kembali pulih pada 2023

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Bali,Wisman

Bali optimistis jumlah kunjungan wisatawan kembali pulih pada 2023

Wisatawan mancanegara mengabadikan momen saat berwisata ke Pura Ulundanu, Beratan, Kabupaten Tabanan, Bali. (ANTARA/Pande Yudha/aa.)

Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bali optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata kembali pulih seperti sebelum pandemi COVID-19, pada 2023, sebagai imbas dari pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia.

"Saya, Pak Gubernur, kami semua punya optimisme, 2023 kita sudah pulih kembali. Momentumnya KTT G20. Jika sukses dengan baik, kita harus optimistis akan kembali ke posisi awal sebelum COVID-19," kata Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra di Denpasar Senin.

Menurut dia, ajang Presidensi G20 Indonesia akan menjadi promosi yang luar biasa bagi pasar pariwisata Bali.

"Kalau bisa berjalan dengan baik, ini (Presidensi/KTT G20) adalah kehadiran 20 pemimpin terkuat ekonominya di dunia," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Dewa Indra, menjadi kewajiban semua pihak untuk menyukseskan Presidensi G20 agar Bali bisa mendapatkan promosi gratis.

"Kalau pemimpin dunia saja aman di Bali, yang lain bagaimana? Kan pasti aman," ucap mantan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali itu.

Dewa Indra mengatakan saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Bali sudah cukup baik, yakni berkisar antara 50-60 persen rata-rata jumlah kunjungan harian wisatawan saat sebelum pandemi COVID-19.

"Ini akan terus bergerak naik sejalan dengan upaya promosi kita. Sejalan dengan upaya Bapak Gubernur berjuang kepada stakeholder yang lainnya, baik pemerintah pusat, maskapai dan pengendalian COVID-19," ujarnya.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura I, rata-rata jumlah kunjungan wisatawan domestik perhari pada September 2022 sebanyak 10.776 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 9.921 orang.

Jumlah kumulatif kedatangan penumpang internasional melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dari awal tahun 2022 hingga 19 September 2022 sudah sebanyak 1,19 juta jiwa dan penumpang domestik 2,75 juta jiwa

Pada 2019 (sebelum pandemi COVID-19), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Bali mencapai lebih dari 6,27 juta jiwa dan wisatawan domestik lebih dari 10,5 juta jiwa.

Baca juga: Objek wisata Tanah Lot Bali mulai ramai dikunjungi wisatawan

Baca juga: Pantai Sanur Bali Dipadati Wisatawan