Alfedri resmikan puskesmas rawat inap dilengkapi dokter umum

id Bupati, Siak, resmikan, puskesmas, rawat inap, dokter umum

Alfedri resmikan puskesmas rawat inap dilengkapi dokter umum

Bupati Siak, Alfedri ketika meresmikan Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sabak Auh yang dilengkapi dokter umum. Selanjutnya dia juga menargetkan adanya Pustu di desa yang juga dilengkapi dokter umum. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat Rawat Inap di Kecamatan Sabak Auh yang dilengkapi dengan fasilitas dan layanan dokter umum.

"Jika ada yang sakit kemudian harus dirujuk ke Siak tentu tidak efektif. Dengan diresmikannya puskesmas ini, bapak ibu tak perlu repot-repot berobat ke Siak, kecuali darurat yang memang tak tertangani karena di sini sudah tersedia layanan dokter umum di Puskesmas kecamatan", kata Alfedri, Sabtu.

Dia mengatakan bahwa ini merupakan komitmennya saat mencalonkan menjadi bupati bersama Wakil Bupati Husni Merza. Yakni memberikan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga dapat mengurangi beban dan menekan biaya besar.

Menurutnya peningkatan pelayanan kesehatan ini penting karena jika warga sehat tentu dapat melahirkan masyarakat cerdas dan berkarakter. Begitu juga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi baik.

"Ini program prioritas kami bagaimana kita meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, itu sangat penting. Jika masyarakat sehat, akan melahirkan generasi muda yang cerdas serta pula," ucap Alfedri.

Selain puskesmas di kecamatan, ia juga ingin tersedianya layanan kesehatan masyarakat terpencil seperti mendirikan Puskesmas Pembantu (Pustu) plus. Juga menyiapkan dokter pada kampung yang jauh dari Puskesmas, termasuk mengatasi masalah stunting melalui pemberian makanan tambahan untuk anak.

(Puskesmas) Rawat Inap Kecamatan Sabak Auh beralamat di Jalan Jaya Muara Dua Bandar Pedada, Kecamatan Sabak Auh. Kepala Dinas Kesehatan Siak dr. Tony Candra mengapresiasi bupati menjalankan Program Indonesia Sehat.

Camat Sabak Auh, Tengku Muthasar mengucapkan terima kasih dari masyarakat Sabak Auh, telah selesai pembangunan puskesmas. Karena ini sangat membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan, karena Sabak Auh berada di wilayah perbatasan dan jauh dari ibukota kabupaten.