Perkuat daya saing UMKM, ADHI beri pelatihan motivasi

id Pt adhi, pnm, pt pnm

Perkuat daya saing UMKM, ADHI beri pelatihan motivasi

Peserta pelatihan. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Adhi Karya (Persero) Tbk “ADHI” bersama PT Permodalan Nasional Madani “PNM” bersinergi dalam kepeduliannya terhadap petani dan peternak SISKA di Pelalawan dengan memberikan pelatihan motivasi dalam berwirausaha.

Siska Adalah Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit, merupakan suatu program yang mengintegrasikan ternak sapi dengan tanaman perkebunan yaitu kelapa sawit dengan konsep menempatkan dan mengusahakan sejumlah ternak tanpa mengurangi aktifitas dan produktifitas tanaman.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Perusahaan ADHI , Farid Budiyanto, yang juga membidangi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN mengatakan, kegiatan pelatihan ini tidak hanya memberikan pelatihan secara teori namun juga motivasi kepada para wirausaha.

”Sebagai wujud komitmen tanggung jawab ADHI kepada masyarakat, diharapkan pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para petani dan peternak SISKA yang ada di Pelalawan, sehingga para petani dan peternak dapat dapat terus kreatif dan inovatif dalam berwirausaha serta dapat memberikan nilai tambah bagi para petani dan peternak”, ujar Farid.

Sementara itu, Pemimpin Cabang PT PNM Cabang Pekanbaru, Suhardjo menyebutkan bahwa pelatihan yang digelar sangat bermanfaat bagi para petani dan peternak SISKA di wilayah Pelelawan khususnya mitra binaan ADHI.

Sebab, selain mendapat wawasan dan peluang usaha untuk meningkatkan usahanya baik dari sektor perkebunan maupun peternakan, sebutnya

“PNM siap membantu menyukseskan kegiatan Program Kemitraan Sinergi BUMN seperti yang telah dilakukan bersama ADHI,” kata Suhardjo.

Acara pelatihan tersebut digelar di Desa Beringin Makmur, Kecamatan,Kerumutandengan diikuti oleh mitra binaan TJSL ADHI yang tergabung dalam kelompok usaha tani ternak SISKA Karya Lestari di Pelalawan.

Selain mengadakan pelatihan, ADHI telah menyalurkan pembiayaan modal kerja melalui program kemitraan sebesar Rp1.050.000.000 kepada kelompok tani ternak tersebut.