Besi penyangga tower Sutet PLN di Kampar dicuri, listrik sempat padam

id Pencurian tiang sutet,besi towe dicuri

Besi penyangga tower Sutet PLN di Kampar dicuri, listrik sempat padam

Arsip foto. Pekerja membenahi salah satu tower jaringan listrik penghubung Pulau Timor yang roboh akibat Siklon Seroja di desa Tuanfeu, Kabupaten Kupang, NTT, Selasa (13/4/2021). (ANTARA /Kornelis Kaha)

Kampar (ANTARA) - Besi penyangga menara Saluran udara teganganekstra tinggi (Sutet) di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, pada Sabtu (2/6) dicuri orang tak dikenal sehingga menyebabkan toweritu roboh dan listrik sempat padam beberapa saat..

Akibatnya toweryang menyangga listrik 70 Mega Watt (MW) Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Balai Pungut Unit 1-7 (trip) tidak bisa mensuplai arus listrik. Hal ini menyebabkan listrik di sejumlah wilayah di Pekanbaru dan Kampar menjadi padam.

Kepala Polsek Siak Hulu Kompol Rusyandi Zuhri Siregar, Selasa, membenarkan laporan kasus pencurian tersebut dan kini pihaknya tengah melakukan penyelidikan dan memburu pelakunya.

Ia berharap agar pelaku pencurian segera terungkap. "Tengah kami selidiki. Mohon doa semoga kami bisa menangkap para pelaku," ucapnya.

Usai besi penyangga towerSutet dicuri, pihak PLN bergerak cepat membangun tower darurat menggantikan sementara kedua tower yang lumpuh tersebut.

Manajer PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pekanbaru, Aris Sofian Hidayat mengatakan saat ini pihaknya sudah mengatasi permasalahan tower tersebut.

"Langkah awal yang ditempuh PLN untuk mengatasi permasalahan tower tersebut adalah segera memasang dua tower darurat agar dapat segera mengalirkan energi listrik ke sub sistem kelistrikan Provinsi Riau," katanya.

Lokasi tower yang berada di area rawa-rawa juga sedikit menjadi kendala bagi tim pemulihan terutama dalam mobilisasi material dan peralatan.

Pada pemasangan tower darurat tersebut PLN UPT Pekanbaru menurunkan sejumlah tim teknis dibantu juga oleh Tim dari berbagai Unit Pelaksana PLN yang tersebar di Sumatera.