Beri wejangan calon jamaah haji, Bupati Adil titip doa untuk Meranti

id Calon jamaah haji,CJH 2022,Manasik haji,Bupati Adil

Beri wejangan calon jamaah haji, Bupati Adil titip doa untuk Meranti

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil mengalungkan tanda peserta manasik haji kepada salah seorang calon jamaah haji (CJH) tahun 2022 di Masjid Al Barokah Kantor Bupati, Selatpanjang, Senin (23/5). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil memberikan sejumlah wejangan kepada puluhan jamaah calon haji (JCH) tahun 2022 yang akan melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Terutama meminta kepada calon jamaah haji untuk mendoakan kota sagu agar diberikan keberkahan. Karena menurut Bupati, berdoa langsung di tanah suci paling mustajab.

"Tolong doakan Meranti ini agar makin banyak sumber daya alamnya, kemudian para aparatur pemerintahan bisa bekerja ikhlas dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," pinta Bupati Adil saat membuka latihan manasik haji di Masjid Al Barokah Kantor Bupati, Selatpanjang, Senin.

Bupati Adil juga mengingatkan para JCH untuk selalu mematuhi dan mengikuti arahan dari petugas selama menjalankan ibadah haji. Dan yang paling tidak bepergian sendirian meninggalkan rombongan terutama kepada JCH perempuan.

"Ikuti arahan ketua kloter jika diminta menunggu. Jangan kemana-mana, nanti hilang khusus yang Ibu-ibu. Nanti para bapak-bapak bisa antarkan ke mana saja kalau ibunya mau pergi," ujarnya.

Selain itu, Bupati Adil juga menuturkan perlunya menjaga niat saat berangkat haji yang semata-mata untuk mendapatkan rahmat Allah. Kemudian menjaga kesehatan jasmani dan rohani selama rangkaian ibadah haji.

"Ini pengalaman saya sendiri. Dari sini digotong-gotong saking ikhlasnya berangkat, malah di sana dia (jamaah yang ditolong) yang sehat dan selesai semuanya. Ada yang di sini kuat tapi di sana malah sakit dan baru sehat pas mau pulang. Untuk itu, dijaga niatnya sejak awal," ajak Bupati.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti Drs M Sulman mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari di seluruh wilayah Kepulauan Meranti. Adapun jumlah CJH yang diberangkatkan sebanyak 71 orang.

"Dari total tersebut, ada yang mengundurkan diri sebanyak dua orang sehingga tersisa 69 orang. Alasan pengunduran diri ini karena faktor berpisah dengan orangtua dan suami," beber Sulman.

Sulman menyebutkan JCH asal Kepulauan Meranti masuk kelompok terbang (kloter) pertama dan akan berangkat tanggal 3 atau 4 Juni 2022. Mereka akan berangkat dari Kota Pekanbaru.

"Untuk penyerahan dokumen tidak di Batam lagi, namun di Pekanbaru. Baru setelah itu dari Pekanbaru langsung dilanjutkan naik pesawat ke Batam," sebutnya.