Terminal Gerbang Sari Inhu semakin rusak, rumput liar kian subur

id Rengat,Inhu,Terminal,terminal gerbang sari,gerbang sari

Terminal Gerbang Sari Inhu semakin rusak, rumput liar kian subur

Terminal Gerbang Sari Kota Rengat Barat, Inhu. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Masyarakat Indragiri Hulu menyayangkan kondisi terminal Gerbang Sari Pematang Rebayang tidak terurus dengan baik. Bahkan, ada bangunan yang terlihat rusak, di lingkungan sekitar sudah tumbuh rumput liar kiansubur.

"Lebih diperparah, sejumlah badan dan bahu jalan hancur sangat sulit dilalui kendaraan," kata Windi, salah satu warga Indragiri Huludi Rengat, Selasa.

Kondisi terminal, seperti bangunan tua yang tidak terawat, hingga terlihat dari jauh gelap. Jika kondisi tersebut tidak mendapatkan perhatian pemerintah, diyakini beberapa tahun ke depan terminal milik pemerintah pusat ini justru hancur tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Padahal, terminal Gerbang Sari ini berada di jalur Lintas Timur yang ramai kendaraan, tempat bongkar muat barang dan antar jemput penumpang lintas provinsi.

Jadi, sangat berpotensi untuk dikelola secara optimal dan dapat bermanfaat untuk masyarakat maupun pemerintah daerah setempat.

"Jika pengelolaan optimal, sejumlah warga bisa mencari rezeki, menambah peluang usaha dan lapangan kerja," ujarnya.

Jika terminal ini milik pemerintah pusat, sebagai solusinya, instansi terkait di Inhu harus meminta pelepasan aset negara tersebut. Dan, menjadi milik daerah sehingga, terminal yang besar dan mewah itu bisa dikelola optimal instansi terkait.

Pada kesempatan lain, salah satu pengemudi lintas provinsi, Yunusmengatakan, jika terminal itu terkelola dengan baik, semua kendaraan umum bisa masuk terminal, penumpang dapat antre di terminal Gerbang Sari itu.

"Itu semua tergantung kebijakan pemerintah, paling tidak terminal itu terawat dengan baik sebab terminal Gerbang Sari itu berada di jantung Kota Rengat Barat, pusat perkantoran pemerintah dan berada di jalur Lintas Timur yang padat kendaraan.

Jika aset negara itu tidak bisa lagi dikelola dengan baik, maka alangkah bagusnya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu membangun terminal baru yang bisa melayani bus antar provinsi.