Lagi, Bayern Muenchen juara Bundesliga usai kalahkan Dortmund 3-1

id Liga Jerman,Bayern Muenchen,Borussia Dortmund

Lagi, Bayern Muenchen juara Bundesliga usai kalahkan Dortmund 3-1

Pemain Bayern Muenchen Leon Goretzka merayakan keberhasilan timnya menjadi juara Liga Jerman bersama rekan-rekan satu tim usai menaklukkan Borussia Dortmund di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, 23 April 2022. (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Jakarta (ANTARA) - The Bavaria Bayern Muenchen mengkandaskan perlawanan Borussia Dortmund 3-1 untuk meraih gelar Bundesliga ke-10 berturut-turut pada Sabtu waktu setempat dengan tiga pertandingan tersisa.

Dua gol di babak pertama dari Serge Gnabry dan Robert Lewandowski membuat tuan rumah unggul 2-0 sebelum Emre Can memangkas keunggulan lewat penalti pada menit ke-52. Jamal Musala mencetak gol ketiga Bayern tujuh menit menjelang akhir pertandingan.

Bayern, unggul 12 poin dari Dortmund yang berada di posisi kedua, kini telah memenangkan 31 gelar Bundesliga sejak liga top Jerman diperkenalkan pada tahun 1963, dan total 32 mahkota liga Jerman secara keseluruhan.

Bayern mati-matian menyegel gelar yang merupakan satu-satunya trofi mereka musim ini, dalam pertandingan besar di depan 75.000 penonton tuan rumah untuk menebus degradasi mereka dari perempat final Liga Champions setelah mengalahkan Villarreal awal bulan ini.

Mereka memanfaatkan peluang pertama melalui Gnabry yang menguasai bola di tepi kotak dengan satu sentuhan untuk melepaskan tendangan voli kuat yang melewati kiper Marwin Hitz.

Gnabry memasukkan bola kembali ke gawang selama setengah jam tapi gol dianulir karena offside.

Lewandowski, pencetak gol terbanyak liga, tampil lebih baik di menit ke-34 ketika Gnabry menguasai bola dan Thomas Mueller, pemain pertama yang memenangkan 11 gelar Bundesliga, memikat pria Polandia yang menempatkan bola di antara kaki Hitz untuk mencetak gol liganya.

Lewandowski, yang diragukan masih bersama Bayern musim depan karena perpanjangan kontrak 2023 masih dalam negosiasi, berada di jalur untuk memenangkan pencetak gol terbanyak Bundesliga untuk ketujuh dan kelima kalinya berturut-turut.

Dortmund mendapat penalti di awal babak kedua ketika Marco Reus dijatuhkan oleh Joshua Kimmich. Dapat berhasil mengkonversi penalti ini.

Tim tamu terus menekan namun gagal mencetak gol lagi meski terciptanya peluang gol yang dibuat oleh Reus dan Erling Haaland.

Bayern, di sisi lain, mencetak gol melalui pemain pengganti Musiala untuk mengamankan gelar saat sampanye keluar di kursi untuk bos klub Bayern dan pelatih Julian Nagelsmann merayakan mahkota liga pertamanya.

Dortmund mengumpulkan 63 poin di tempat kedua, sementara Bayer Leverkusen finis ketiga dengan 55 poin, menurut Reuters.