Pekanbaru sediakan 20.000 dosis booster antisipasi lonjakan mudik

id Booster,Pekanbaru, 20.000, antisipasi,Vaksin booster

Pekanbaru sediakan 20.000 dosis booster antisipasi lonjakan mudik

Gubernur Riau Syamsuar memeriksa kondisi kesehatan sebelum menerima suntikkan vaksin dosis ketiga di Pekanbaru. (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyebutkan layanan fasilitas kesehatan di wilayah setempat kini siap mengantisipasi permintaan vaksin I, II dan penguat atau booster menyambut lonjakan jelang Idul Fitri 1443 H.

Diperkirakan arus mudik kali ini akan meningkat, karenanya bakal banyak permintaan vaksin dari masyarakat maka stok ada 20.000 dosis.

"Saat ini dari stok vaksin yang ada itu jenis Coronavac, Astrazeneca dan Pfizer," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy di Pekanbaru, Selasa.

Zaini mengatakan, syarat vaksin sebagai proses pemeriksaan mudik membuat animo masyarakat meningkat. Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan layanan vaksin booster yang telah disediakan.

"Masyarakat masih punya waktu untuk mendapat vaksin booster sebelum mudik Lebaran 2022," katanya.

Ia mengingatkan warga jangan kuatir karena persediaan vaksin booster cukup, bahkan mencapai 20.000 dosis dengan jenis beragam.

"Jadi masyarakat bisa segera datang ke puskesmas yang menyediakan vaksin booster, masyarakat nantinya bisa mengatur jadwal vaksin booster agar tidak mendadak," ujarnya.

Dirinya pun mengimbau masyarakat vaksin sebelum jauh hari sebelum berangkat mudik, agar bisa mengantisipasi adanya efek samping atau kejadian pasca vaksin.

"Jadi bila ada kesalahan administrasi, juga bisa diatasi. Seperti masalah sertifikat tidak muncul, maka masyarakat bisa vaksin jauh hari sebelum berangkat," pungkasnya.