Waspada Peredaran Uang Palsu

id waspada peredaran, uang palsu

Waspada Peredaran Uang Palsu

Pekanbaru, (antarariau.com) - Kepolisian Daerah Provinsi Riau mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Biasanya, saat bulan puasa terlebih jelang Lebaran, peredaran uang palsu marak. Masyarakat sebaiknya mewaspadainya," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hermansyah kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Sebelumnya sepanjang Januari hingga April 2013 Bank Indonesia menemukan sekitar144 lembar uang palsu.

Uang tersebut berbentuk pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu dengan nilai nominal keseluruhan Rp11.470.000.

Temuan ratusan lembar uang palsu itu merupakan sortiran uang yang masuk dari sejumlah bank yang melakukan penukaran uang ke kantor Bank Indonesia maupun yang langsung disampaikan ke Bank Indonesia Perwakilan Riau.

Untuk saat ini, demikian Hermansyah, sebaiknya masyarakat lebih mewaspadai lagi maraknya poeredaran uang palsu mengningat tingkat kebutuhan ekonomi masyarakat yang meningkat jelang Lebaran.

"Salah satu kiatnya adalah, yakni dengan melakukan pengecekan dengan sangat teliti terhadap lembaran uang yang diterima dengan meraba, menerawang, dan melakukan penyamaan dengan uang jenis sama," katanya.