Polsek Pasir Penyu waspadai peredaran uang palsu saat pilkada

id Rengat,Indragiri Hulu

Polsek Pasir Penyu waspadai peredaran uang palsu saat pilkada

Kapolsek Pasir Penyu bersama anggota saat melakukan patroli malam. (ANTARA/HO-Polsek Pasir Penyu)

Rengat (ANTARA) - Polsek Pasir Penyu, Polres Indragiri Hulu, mengantisipasi peredaran uang palsu sebagai moneypoliticselama tahapan pilkada di daerah itu.

Untuk itu, polisimelaksanakan patroli di sejumlah tempat guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kapolsek Pasir Penyu Kompol Jufri memimpin patroli didampingi beberapa personel, Sabtu (28/9) malam dan Minggu (29/9) malam ini.

"Patroli bertujuan untuk mengantisipasi berbagai bentuk kejahatan," katanya.

Bentuk kejahatan itu antara lain kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor, serta potensi penyebaran uang palsu yang seringkali menjadi alat dalam praktikpolitik uang.

Oleh sebab itu, pihak Polsek berupaya memastikan bahwa pelaksanaan pilkada berlangsung aman dan kondusif, bebas dari praktik-praktik ilegal.

Dalam pelaksanaannya, patroli dilakukan di beberapa lokasi strategis, seperti Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kembang Harum dan di Jenderal Sudirman, Kelurahan Air Molek I.

Patroli juga berfokus pada mengawasi kegiatan pemuda yang sering berkumpul dan mencegah balap liar serta penyalahgunaan narkoba.

"Dalam patroli ini, kami memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan jika melihat hal-hal mencurigakan," ujarnya.

Patroli ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam Pilkada tanpa rasa takut.

Kegiatan patroli blue light ini merupakan bagian dari kegiatan rutin yang ditingkatkan sebagaimana yang dicanangkan oleh Polres Indragiri Hulu.

"Dengan adanya patroli ini diharapkan pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung dengan aman dan lancar.Serta, mampu menekan potensi tindak pidana yang dapat mengganggu proses demokrasi," katanya.

Kapolsek menyebutkan, selama pelaksanaan kegiatan, situasi di wilayah hukum Polsek Pasir Penyu terpantau aman dan terkendali.

Hal ini menunjukkan efektifitas dari langkah preventif yang diambil oleh pihak kepolisian.

Kompol Jufrimengatakan melalui pendekatan yang proaktif, Polsek Pasir Penyu berkomitmen untuk menjaga stabilitas keamanan secara optimal dalam rangka menyongsong pesta demokrasi yang adil, demokratis, aman, damai dan kondusif serta bermartabat.