Warga Binaan Lapas Perempuan Pekanbaru produksi keripik tempe, semoga bisa mandiri setelah bebas

id Kemenkumham Riau

Warga Binaan Lapas Perempuan Pekanbaru produksi keripik tempe, semoga bisa mandiri setelah bebas

Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qolbi usai peresmian Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Pemuri, Penyerahan KUR, Penanaman Kacang Tanah, dan Panen Cabai Bersama tepatnya di Kelurahan Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. (ANTARA/HO-Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kaum ibu warga binaan Lapas Perempuan Pekanbaru berhasil memproduksi keripik tempe setelah mendapat pelatihan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru bersama Kanwil Kemenkumham Riau.

"Sebagai tempat pembinaan, sudah menjadi kewajiban kita memberikan ilmu dan keterampilan kepada saudara-saudara warga binaan. Saya salut dengan pembinaan di Lapas Perempuan Pekanbaru, dari pagi hingga petang, diisi dengan berbagai kegiatan," kata Kepala Kanwil Kemenkumham RiauMJahari Sitepu di Pekanbaru, Sabtu.

Semoga nanti usai menghirup udara bebas, katanya, para warga binaan yang telah terlatih menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Jahari menceritakan pembuatan keripik tempe di Lapas Perempuan Pekanbaru telah berjalan selama lebih kurang setahun yang dibimbing Balai Penyuluhan Pertanian Kulim Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru.

"Produk tempe dan keripik tempe ini juga dipasarkan ke warung-warung di luar lapas. Keuntungannya sebagian disetor ke negara sebagai PNBP(Pendapatan Negara Bukan Pajak) dan sebahagian lagi untuk modal serta upah warga binaan sebagai pekerja," katanya.

"Saya senang karena warga binaan bisa produktif dan berkarya. Ada juga beberapa warga binaan yang setelah bebas melanjutkan usaha tempe ini. Ilmunya didapat di lapas ini," sebut Kakanwil bangga.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qolbisempatmengunjungi Pekanbaru dalam kegiatan Peresmian Pusat PelatihanPertaniandan Pedesaan Swadaya (P4S) Pemuri, Penyerahan KUR, Penanaman Kacang Tanah, dan Panen Cabai Bersama tepatnya di Kelurahan Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru. Sebagian besar produksi di pusat pelatihan itu dihasilkan oleh warga binaan.

"Ini benar dibuat oleh warga binaan? Wah, bagus sekali ya. Salam kepada saudari-saudari di sana, semoga sukses dalam berkarya dan menimba ilmu agar nanti bebas bisa menjadi manusia yang mandiri. Jangan terulang kembali perbuatan melanggar hukum," pesan Harvick yang terkagum-kagum menerima titipan hasil karya WBP.

Harvick turut berterima kasih kepada Dinas Pertanian Pekanbaru yang ikut memberi pembinaan.