Inhu ikut Rakornas bahas IKN

id Rengat,inhu,Rakornas IKN

Inhu ikut Rakornas bahas IKN

Acara Rakornas Pembangunan IKN. (ANTARA/dok)

"Progam pembangunan IKN harus tetap berjalan sesuai aturan,
Rengat (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hulu Bambang Indramawan mengikuti acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) penyelenggara pemerintahan umum, dan sukses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Balikpapan.

"Peserta dari seluruh Indonesia hadir. Dari Inhu ada dua peserta," kata Bambang di Rengat, Jumat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, berlangsung terpusat di Balikpapan pada 29-30 Maret 2022.

Acara itu dalam rangka meminta dukungan kepada pemerintah daerah (propinsi dan kabupaten/kota) terkait dengan Pembangunan IKN yang titik nol-nya berada di Kabupaten Penajam Pasir Utara.

"Kesepakatan bersama memberikan dukungan program itu. Namun, hasil acara akan disampaikan kepada pimpinan," janji Bambang.

Setelah acara, peserta langsung dibawa dan diberikan kesempatan untuk melihat lokasi titik nol yang berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan mobil dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sedangkan, Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama, dan Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Indragiri Hulu Elpi Pistori menambahkan rakor digelar dalam rangka koordinasi pelaksanaan kebijakan sebagai implementasi Undang - Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Selain itu, Rakor tersebut dalam rangka terciptanyasinergitas penyelenggaraan pemerintahan. Dan, sebagai negara kesatuan sistem harus tegak lurus dari pemerintah pusat sampai ke daerah, agar tidak bias dalam pelaksanaannya.

"Seluruh Sekda Provinsi se-Indonesia, sepakat mendukung penuh pembangunan IKN di Nusantara," ujarnya.

Rakornas juga membahas isu isu strategis dan sinkronisasi program terkait bina ideologi, karakter dan wawasan kebangsaan.