Pemkab Inhu gelar musrenbang RKPD 2023, ini isinya

id Rengat,Pemkab Inhu

Pemkab Inhu gelar musrenbang RKPD 2023, ini isinya

Acara Murenbang RKPD 2023. (ANTARA/Asri)

"Musrenbang RKPD untuk pembangunan 2023 mendatang"
Teluk Kuantan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan program 2023 di Aula Bappeda, Selasa.

Wakil Bupati Indragiri Hulu, Junaidi Rachmatpada saat membuka acara mengatakan, Musrenbang RKPD diselenggarakan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat, menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif pada 2023.

"Bahkan, program yang transparan serta dapat dipertanggungjawabkan, terfokus pada realisasi aspirasi masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Musrenbang untuk 2023 dengan mengangkat tema "Meningkatkan sumber daya manusia yang unggul guna mendukung pemulihan ekonomi daerah" dan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Provinsi Riau.

Sedangkan, Provinsi Riau yang lebih awal mengangkat tema "Memantapkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah yang kompetitif" dan dengan demikian, sehingga Pemkab Inhu memfokuskan pada peningkatan SDM unggul, pemulihan dan pengembangan ekonomi daerah.

"Selain itu, juga pengembangan destinasi wisata dan peningkatan pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Tentunya, fokus tersebut melalui tahapan perencanaan pembangunan mulai dari Musrenbang desa/kelurahan sampai forum perangkat daerah yang telah selesai 25 Maret 2022 lalu.

Harapannya, perencanaan pembangunan yang dirancang bersama ini tidak hanya sekadar upaya untuk menyelesaikan permasalahan. Namun, mampu mengantisipasi permasalahan di masa datang dengan komitmen tinggi dan dukungan dari semua pihak.

Sementara itu, Kepala Bappeda, Indragiri Hulu Bobby Maulianto menyebutkan, dasar acara Musrenbang adalah UU No 25 Tahun 2004, UU No 23 Tahun 14dan Permendagri No 86 Tahun 2006.

"Jadi, tujuan Musrenbang RKPD ini adalah menyetujuidan menyepakati prioritas program pembangunan," ujarnya.

Bahkan, dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah.