Lewat tiga program CSR, Pertamina Dumai raih penghargaan nasional

id Pertamina Dumai

Lewat tiga program CSR, Pertamina Dumai raih penghargaan nasional

Pertamina Dumai raih penghargaan nasional 3 program CSR.

Dumai (ANTARA) - Tiga program corporate social responsibility atau sosial kemasyarakatan PT Kilang Minyak Internasional RU II Dumai berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesian CSR Excellence Award (ICEA) tingkat nasional, yaitu Kampung Minapolitan, Laksamana Bersinar, dan Dewi Gatra.

Manager Komunikasi dan CSR RU II Nurhidayanto mengatakan, penerimaan penghargaan tingkat nasional berkat inovasi dan pengembangan program CSR dilakukan dan peranan seluruh pihak memiliki satu visi dan misi dalam pengembangan sosial kemasyarakatan.

"Tiga program CSR ini fokus pada aspek peningkatan ekonomi, kesehatan dan sosial. Berkat inovasi dan pengembangan kita berhasil meraih penghargaan nasional," kata Nurhidayanto kepada pers, Kamis.

Dijelaskan, program Kampung Minapolitan dimulai sejak Tahun 2019 untuk mengatasi persoalan nelayan kesulitan dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan akibat perairan kurang mendukung dan lainnya. Inovasi dibuat fokus meningkatkan hasil tangkapan dan ekonomi melalui kolam budidaya perikanan.

Kemudian, program Laksamana Bersinar (bersih dari narkoba) dimulai sejak Tahun 2020 fokus menuntaskan persoalan narkoba serta penciptaan program positif agar masyarakat lebih produktif, seperti pembentukan kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta cemilan khas melayu, eco paving block dan produk kesehatan.

Selanjutnya, program Dewi Gatra (Desa Wisata Gambut Sejahtera) yaitu pemanfaatan lahan gambut dan pencegahan kebakaran pada lahan gambut yang dimulai sejak Tahun 2020 ini dan menginisiasi pembentukan masyarakat peduli api (MPA) bertujuan untuk dapat berkontribusi dalam edukasi dan penanggulangan kebakaran lahan gambut.

"Dalam program Dewi Gatra ini kita juga berikan edukasi dan pembuatan sistem sehingga masyarakat dapat mengambil manfaat dari lahan gambut," sebutnya.

Dilanjutkan, tiga program CSR selanjutnya akan terus dikembangkan melalui pembuatan rencana strategis (Renstra) dan rencana jangka panjang (Renja) agar punya dampak lebih besar bagi masyarakat.

Penghargaan ini akan menjadi pemicu bagi PT KPI RU II Dumai untuk dapat berkolaborasi lebih baik lagi dengan semua pihak terkait demi terciptanya program CSR yang inovatif dan memiliki manfaat nyata bagi masyarakat.

Sementara, Panitia ICEA 2022 Maya Yulianti apresiasi para peserta, karena dalam kondisi pandemi dengan pembatasan aktivitas masyarakat serta berbagai bencana akibat perubahan iklim, namun tetap melaksanakan program tanggung jawab sosial lingkungan yang penuh tantangan.